PENERAPAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) DALAM MENINGKATKAN KERJA SAMA DAN KEAKTIFAN SISWA MI AN NUUR

Yustin Amaliyah, NIM.: 18104080072 (2022) PENERAPAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) DALAM MENINGKATKAN KERJA SAMA DAN KEAKTIFAN SISWA MI AN NUUR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) DALAM MENINGKATKAN KERJA SAMA DAN KEAKTIFAN SISWA MI AN NUUR)
18104080072_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) DALAM MENINGKATKAN KERJA SAMA DAN KEAKTIFAN SISWA MI AN NUUR)
18104080072_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Divisions) dalam meningkatkan kerja sama dan keaktifan siswa di MI An- Nuur Sleman, Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan melakukan eksperimen penelitian sebagai data. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV A MI An-Nuur tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 23 siswa. Pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan sample one group design. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, eksperimen, kuisioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan analisis uji z atau independent t-test Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa hasil penelitian Independen sampel t-test pada kolom Levene's Test for Equality of Variances diperoleh nilai sig = 0, 362 > 0,05 jadi nilai kerja sama dan keaktifan memiliki varian angka sama dengan demikian untuk menguji perbedaan dua rata-rata nilai yang dilihat adalah pada bagian equal variances assumed (bagian atas). Untuk menguji kesamaan dua rata-rata dapat dilihat pada kolom t-test for Equality of means, pada kolom t-test for Equality of means diperoleh nilai Zhitung = 3.699 > Ztabel = 1,96 dengan nilai sig 0,01 < 0,05 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil penerapan cooperative learning tipe STAD (Student Team Achievement Division)berpengaruh dalam meningkatkan kerja sama dan keaktifan siswa MI An Nuur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Fitri Yuliawati S.Pd.Si., M.Pd.Si
Uncontrolled Keywords: pembelajaran kooperatif; STAD (Student Team Achievement Division); kerja sama
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 20 Feb 2023 10:08
Last Modified: 20 Feb 2023 10:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56449

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum