EKSISTENSI PERMAINAN TRADISIONAL JENJANG MI/SD (STUDI KASUS RESPON DAN MINAT ANAK-ANAK DI SD MUH KARANGBENDO, SDN BALIREJO, DAN SDN NOGOPURO MENGENAI PERMAINAN TRADISIONAL)

Firra Ayu Novitasari, NIM.: 18104080076 (2022) EKSISTENSI PERMAINAN TRADISIONAL JENJANG MI/SD (STUDI KASUS RESPON DAN MINAT ANAK-ANAK DI SD MUH KARANGBENDO, SDN BALIREJO, DAN SDN NOGOPURO MENGENAI PERMAINAN TRADISIONAL). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EKSISTENSI PERMAINAN TRADISIONAL JENJANG MI/SD (STUDI KASUS RESPON DAN MINAT ANAK-ANAK DI SD MUH KARANGBENDO, SDN BALIREJO, DAN SDN NOGOPURO MENGENAI PERMAINAN TRADISIONAL))
18104080076_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (EKSISTENSI PERMAINAN TRADISIONAL JENJANG MI/SD (STUDI KASUS RESPON DAN MINAT ANAK-ANAK DI SD MUH KARANGBENDO, SDN BALIREJO, DAN SDN NOGOPURO MENGENAI PERMAINAN TRADISIONAL))
18104080076_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana guru memperkenalkan permainan tradisional kepada peserta didik MI/SD, (2) Bagaimana guru memanfaatkan permainan tradisional, (3) Bagaimana respon dan minat peserta didik MI/SD terhadap permainan tradisional. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dimana pengambilan data peneliatian ini dilakukan melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi ke tiga sekolah yang berbeda. Subjek penelitian ini merupakan beberapa guru yang masih mengenalkan dan mengajarkan permainan tradisional kepada peserta didik dan peserta didik di SD Muh Karangbendo, SDN Balirejo, dan SDN Nogopuro yang masih melakukan permainan tradisional ketika berada di lingkungan sekolah. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi: observasi yang dilakukan di sekolah dasar yang bersangkutan, partisipasi siswa peserta didik yang diambil melalui wawancara, kemudian juga partisipasi dari beberapa guru yang berkaitan yang diambil dari kegiatan wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa beberapa permainan tradisional masih eksis di SD Muh Karangbendo, SDN Balirejo, dan SDN Nogopuro. Beberapa guru di tiga sekolah tersebut masih mengenalkan dan mengajarkan beberapa permainan tradisional kepada peserta didik ketika pembelajaran berlangsung maupun membebaskan peserta didik dalam bermain permainan tradisional dengan alat-alat yang disediakan oleh sekolah. Peserta didik yang menempuh pendidikan di tiga sekolah dasar tersebut juga memiliki ketertarikan terhadap permainan tradisional. Respon dan minat peserta didik di tiga sekolah dasar tersebut mengenai permainan tradisional sangatlah baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Andhika Yahya Putra, M.Or
Uncontrolled Keywords: bermain; anak usia sekolah dasar; permainan tradisional; respon; minat peserta didik
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 20 Feb 2023 10:17
Last Modified: 20 Feb 2023 10:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56450

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum