ANALISIS KEPEMIMPINAN NYAI PADA PENDIDIKAN PESANTREN AL-MUNAWWIR KOMPLEK R2 KRAPYAK YOGYAKARTA PERSPEKTIF MERDEKA BELAJAR

Elsa Ocktafio Suciati, NIM.: 18104090039 (2022) ANALISIS KEPEMIMPINAN NYAI PADA PENDIDIKAN PESANTREN AL-MUNAWWIR KOMPLEK R2 KRAPYAK YOGYAKARTA PERSPEKTIF MERDEKA BELAJAR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KEPEMIMPINAN NYAI PADA PENDIDIKAN PESANTREN AL-MUNAWWIR KOMPLEK R2 KRAPYAK YOGYAKARTA PERSPEKTIF MERDEKA BELAJAR)
18104090039_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KEPEMIMPINAN NYAI PADA PENDIDIKAN PESANTREN AL-MUNAWWIR KOMPLEK R2 KRAPYAK YOGYAKARTA PERSPEKTIF MERDEKA BELAJAR)
18104090039_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2022. Pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan islam yang identik dengan keberadaan kiai sebagai tokoh sentral didalamnya. Hal semacam ini terjadi berdasarkan tradisi pesantren yang erat dengan budaya patriarki dan monarki. Namun dalam perkembangannya tak jarang pesantren di era sekarang yang memiliki tokoh sentral perempuan. Tokoh sentral perempuan di pesantren disebut nyai. Umumnya tokoh sentral yang ada di pesantren ini sekaligus menjadi motor penggerak yang menjalankan kegiatan manajerial di pesantren. Salah satu contoh pesantren dengan pemimpin seorang nyai adalah Pesantren Al-Munawwir Komplek R2 yang berada di Desa Krapyak. Dalam penelitian ini, peneliti mengkaji bagaimana kepemimpinan yang berlangsung di Komplek R2 dengan pendekatan merdeka belajar. Metode yang dipakai dalam penelitian yaitu kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, dokumentasi, dan pengamatan lapangan. Narasumber yang menjadi subjek penelitian antara lain; Nyai Ida Fatimah Zainal, M.S.I, kepala madrasah salafiyah, dan pihak lain yang terkait. Validasi data dalam penelitian menggunakan triangulasi sumber dengan teknik analisis data melalui reduksi data, display data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: (1) Kepemimpinan Nyai Ida di Komplek R2 didasarkan pada posisinya sebagai istri kiai pengasuh pesantren dan kapabilitasnya dalam memimpin. Nyai Ida merupakan pengasuh pesantren sepenuhnya tidak hanya pada pesantren putri namun juga menjadi pengasuh pada komplek putra. Tipe kepemimpinan Nyai Ida dalam memimpin pesantren adalah feminis-transformasional, (2) Kepemimpinan Nyai Ida di Komplek R2 berimplikasi pada terwujudnya pendidikan pesantren yang merdeka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Wiji Hidayati, M.Ag
Uncontrolled Keywords: kepemimpinan Nyai; pendidikan pesantren; merdeka belajar; monarki
Subjects: Pendidikan > Kepala Sekolah
Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 20 Feb 2023 11:40
Last Modified: 20 Feb 2023 11:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56456

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum