PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MATEMATIKA SMP BERBASIS MODEL TREFFINGER DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI KUBUS DAN BALOK

Nandita Ratih Dewi Lukito, NIM.: 18106000020 (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MATEMATIKA SMP BERBASIS MODEL TREFFINGER DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI KUBUS DAN BALOK. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MATEMATIKA SMP BERBASIS MODEL TREFFINGER DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI KUBUS DAN BALOK)
18106000020_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MATEMATIKA SMP BERBASIS MODEL TREFFINGER DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI KUBUS DAN BALOK)
18106000020_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah merupakan kemampuan penting yang harus dikuasai oleh peserta didik. Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berperan penting dalam mengaktifkan peserta didik pada proses pembelajaran, membantu mengembangkan konsep, membantu peserta didik memahami masalah, dan mengembangkan minat belajar. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) matematika SMP/MTs berbasis model Treffinger dengan pendekatan Saintifik untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah pada materi pokok kubus dan balok yang memenuhi kriteria valid. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan R&D (Research and Development). Model pengembangan menggunakan model prosedural dengan prosedur pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Instrumen yang digunakan meliputi lembar penilaian kualitas LKPD, dan lembar angket keterbacaan dan desain terhadap LKPD. Jenis data yang diperoleh dalam pengembangan yaitu data kualitas LKPD dan Respon peserta didik terhadap keterbacaan dan desain LKPD. Kegiatan penilaian dan validasi LKPD dalam penelitian ini dilakukan oleh validator ahli yaitu dua dosen Pendidikan Matematika dan satu pendidik matematika. Berdasarkan penilaian ahli menunjukkan bahwa komponen kelayakan isi memperoleh rata-rata sebesar 77 dengan kategori sangat baik. Komponen kebahasaan memperoleh nilai rata-rata sebesar 35,67 dengan kategori sangat baik. Komponen penyajian memperoleh nilai rata-rata sebesar 27,67 dengan kategori sangat baik. Komponen kegrafikan memperoleh nilai rata-rata sebesar 25,33 dengan kategori sangat baik. Secara keseluruhan kualitas LKPD memperoleh nilai rata-rata sebesar 165,67 dengan kategori sangat baik. Oleh karena itu, LKPD matematika SMP/MTs berbasis model Treffinger dengan pendekatan Saintifik untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah pada materi pokok kubus dan balok memenuhi kriteria valid.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Ibrahim, S.Pd, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD); treffinger; saintifik; pemecahan masalah
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 20 Feb 2023 11:51
Last Modified: 20 Feb 2023 11:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56461

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum