PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP HAK PENGGUNA JALAN DALAM PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 30 TAHUN 2021 TENTANG PENYELENGGARAAN BIDANG LALU LINTAS DAN ANGKUTAN JALAN PERSPEKTIF MAQASID ASY-SYARI‘AH

Rizki Rumondang Simanungkalit, S.H, NIM.: 20203012089 (2022) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP HAK PENGGUNA JALAN DALAM PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 30 TAHUN 2021 TENTANG PENYELENGGARAAN BIDANG LALU LINTAS DAN ANGKUTAN JALAN PERSPEKTIF MAQASID ASY-SYARI‘AH. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP HAK PENGGUNA JALAN DALAM PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 30 TAHUN 2021 TENTANG PENYELENGGARAAN BIDANG LALU LINTAS DAN ANGKUTAN JALAN PERSPEKTIF MAQĀṢID ASY-SYARĪ‘AH)
20203012089_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP HAK PENGGUNA JALAN DALAM PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 30 TAHUN 2021 TENTANG PENYELENGGARAAN BIDANG LALU LINTAS DAN ANGKUTAN JALAN PERSPEKTIF MAQĀṢID ASY-SYARĪ‘AH)
20203012089_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai perlindungan hukum terhadap hak pengguna jalan Dalam Peraturan Pemerintah Nomor 30 Tahun 2021 Tentang Penyelengaraan Bidang Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan Perspektif Maqāṣid Asy-Syarī‘ah. Dimana peneliti disini akan membahas bagaimana perlindungan hukum terhadap hak pengguna jalan setelah adanya Peraturan Pemerintah Nomor 30 Tahun 2021 dan bagaimana pandangan maqāṣid asy-syarī‘ah terhadap perlindungan hukum hak yang pengguna jalan. Penelitian ini dilatar belakangi karena maraknya permasalahan lalu lintas yang terjadi akibat tidak terpenuhi hak pengguna jalan, banyak faktor yang dapat mempengaruhi permasalahan lalu lintas ini diantaranya karena faktor kondisi jalan, faktor dari pengguna jalan, serta faktor kelalaian lainnya yang pasti itu sangat membahayakan jika dibiarkan dan tidak diperhatikan lebih lanjut. Sebab sering sekali masalah lalu lintas ini menyebabkan angka kematian makin meningkat. Jenis penelitian ini adalah penelitian pustaka (library research) dengan sifat penelitian persfektif- analitis dan menggunakan pendekatan yuridis normatif (statute law). Bahan hukum primer yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Undang-Undang Dasar 1945 dan Peraturan Pemerintah Nomor 30 tahun 2021 Tentang Penyelenggaraan Bidang Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan. Bahan hukum sekunder yang digunakan ialah kitab al-Quran dan hadis, fikih/ushul fikih, buku, jurnal, atau karya tulis ilmiah lainnya yang dapat memberikan penjelelasan terkait bahan hukum primer. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teori hak warga negara, teori hak asasi manusia. Serta teori maqāṣid asy-syarī‘ah menurut jasser auda sebagai pisau analisis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perlindungan hak pengguna jalan di berbagai wilayah di Indonesia masih belum terealisasikan dengan baik, masalah ini sangat perlu diperhatikan karna pemenuhan hak pengguna jalan ini akan menentukan keselamatan sesama pengguna jalan. Baik itu pengendara motor, pejalan kaki, supir angkutan umum dan semua masyarakat yang memakai fasilitas jalan raya. Dari sudut pandang maqāṣid asy-syarī‘ah dapat ditarik suatu hal yang menjadi prinsip-prinsip dan yang harus dijaga dengan adanya pembentukan Peraturan Pemerintah Nomor 30 Tahun 2021 Tentang lalu lintas dan angkutan jalan haruslah menjaga dan melindungi hak pengguna jalan agar terjaga keamanan dalam berlalu lintas, dalam hal ini yaitu: memelihara diri (ḥifdẓ al-nafs)dan memelihara keturunan (ḥifdẓ al-nasl). Kebijakan tersebut haruslah mengakomodasi hal-hal yang demikian jika tidak maka tentu saja kebijakan tersebut tidak sesuai dengan prinsip maqāṣid as-syarī‘ah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr.Ocktoberrinsyah, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Hukum, Hak Pengguna Jalan, Lalu Lintas, Maqasid Syari‘ah
Subjects: HAK ASASI MANUSIA
Hukum Tata Negara
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Magister Ilmu Syari'ah (S2)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 21 Feb 2023 08:22
Last Modified: 21 Feb 2023 08:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56469

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum