FILSAFAT LINGKUNGAN HIDUP DALAM PEMIKIRAN A. SONNY KERAF DAN PENERAPANNYA TERHADAP PENCEMARAN LINGKUNGAN YANG DISEBABKAN OLEH SAMPAH PLASTIK

Muhammad Ravi Ali Latif, NIM.: 16510003 (2022) FILSAFAT LINGKUNGAN HIDUP DALAM PEMIKIRAN A. SONNY KERAF DAN PENERAPANNYA TERHADAP PENCEMARAN LINGKUNGAN YANG DISEBABKAN OLEH SAMPAH PLASTIK. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (FILSAFAT LINGKUNGAN HIDUP DALAM PEMIKIRAN A. SONNY KERAF DAN PENERAPANNYA TERHADAP PENCEMARAN LINGKUNGAN YANG DISEBABKAN OLEH SAMPAH PLASTIK)
16510003_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (FILSAFAT LINGKUNGAN HIDUP DALAM PEMIKIRAN A. SONNY KERAF DAN PENERAPANNYA TERHADAP PENCEMARAN LINGKUNGAN YANG DISEBABKAN OLEH SAMPAH PLASTIK)
16510003_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Krisis lingkungan yang disebabkan oleh sampah plastik merupakan persoalan yang tidak dapat dilepaskan dari manusia, manusia merupakan bagian penting dari lingkungan itu sendiri. Krisis yang terjadi pada era modern ini merupakan salah satu dampak yang disebabkan oleh kesalahan cara pandang manusia terhadap alam semesta. Manusia menganggap bahwa dirinya merupakan pusat dari alam semesta yang memiliki kedudukan lebih tinggi dari makhluk lain di atas muka bumi ini. Pandangan ini disebut sebagai cara pandang Antroposentrisme, cara pandang inilah yang menyebabkan manusia memiliki perilaku yang eksploitatif terhadap alam dan lingkungan hidup terutama yang menyebabkan pencemaran lingkungan. Penilitian ini bertujuan untuk memberikan jalan keluar atas permasalahan krisis lingkungan hidup yang disebabkan oleh sampah plastik. Penelitian ini mengambil objek pemikiran seorang tokoh Indonesia yang terkenal di bidang filsafat, etika dan lingkungan hidup yakni A. Sonny Keraf. Dalam penilitian ini penulis mengumpulkan data dengan sepenuhnya m enggunakan metode penelitian kepustakaan (Library Research) dengan sumber data primer buku-buku karya A. Sonny Keraf yang berkaitan dengan tema filsafat lingkungan hidup. Selain itu peneliti juga menggunakan literatur lain yang menunjang dalam penelitian sebagai sumber sekunder. Penelitian ini bersifat kualitatif-deskriptif dengan menggunakan pendekatan filosofis dalam metode pengumpulan data dan menggunakan teknik deskripsi, interpretasi dan analisis dalam pengolahan data. Hasil penelitian ini menemukan bahwa krisis lingkungan yang disebabkan oleh sampah plastik di era ini berawal dari kesalahan cara pandang manusia terhadap alam semesta. Cara pandang ini berasal dari antroposentrisme yang menganggap bahwa manusia adalah pusat dari sistem alam semesta. Pertimbangan moral yang ada pada cara pandang antroposentrisme dilandaskan pada nilai kepentingan manusia. Alam dipandang berdasarkan nilai instrumen atau nilai kegunaannya semata. Cara pandang ini menimbulkan permasalahan terhadap relasi manusia dan alam semesta. Hal inilah yang menyebabkan krisis lingkungan hidup yang disebabkan oleh sampah plastik terjadi. Oleh karena itu A. Sonny Keraf memberikan tawaran solusi atas permasalahan krisis lingkungan hidup yang disebabkan oleh sampah plastik dengan memberikan cara pandang baru yakni biosentrisme dan ekosentrisme yang memandang bahwa etika tidak hanya berlaku pada manusia. Biosentrisme dan ekosentrisme mengantarkan manusia pada gerak kembali pada kearifan tradisional dimana etika berlaku bagi seluruh komunitas ekologi. Selain itu pola industri harus bersifat ekologis dengan adanya Ecoliteracy dan Bioregionalisme

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Mutiullah, S.Fil.I. M.Hum
Uncontrolled Keywords: A. Sonny Keraf, Filsafat Lingkungan Hidup, Sampah Plastik
Subjects: Lingkungan
Islam dan Pemikiran
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Aqidah dan Filsafat Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 21 Feb 2023 08:28
Last Modified: 21 Feb 2023 08:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56480

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum