ANALISIS TINGKAT BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN PERMASALAHAN MATEMATIKA PADA MATERI POLA BILANGAN DITINJAU DARI GENDER SISWA KELAS VIII SMP

Mileni Apriliana, NIM.: 18106000025 (2022) ANALISIS TINGKAT BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN PERMASALAHAN MATEMATIKA PADA MATERI POLA BILANGAN DITINJAU DARI GENDER SISWA KELAS VIII SMP. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS TINGKAT BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN PERMASALAHAN MATEMATIKA PADA MATERI POLA BILANGAN DITINJAU DARI GENDER SISWA KELAS VIII SMP)
18106000025_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS TINGKAT BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN PERMASALAHAN MATEMATIKA PADA MATERI POLA BILANGAN DITINJAU DARI GENDER SISWA KELAS VIII SMP)
18106000025_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Berpikir kreatif dalam matematika dan dalam bidang lainnya merupakan bagian keterampilan hidup yang perlu dikembangkan terutama dalam menghadapi era informasi dan suasana bersaing semakin ketat. Individu yang diberi kesempatan berpikir kreatif akan tumbuh sehat dan mampu menghadapi tantangan. Kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal matematika antara anak laki–laki dan perempuan tidak selalu sama. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil analisis tingkat berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal matematika ditinjau dari gender. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII C SMPN 2 Wonosobo tahun ajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan memberikan tes tertulis dan melakukan wawancara. Teknik analisis data penelitian ini adalah tingkat berpikir kreatif dari hasil tes yang diberikan dan analisis hasil wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa salah satu siswa laki-laki berada pada tingkat berpikir kreatif 0 baik pada soal nomor 1 maupun nomor 2, siswa dengan tingkat berpikir 0 tidak memenuhi semua indikator tingkat berpikir kreatif. Satu siswa perempuan juga berada pada tingkat 0 pada soal nomor 2. Sedangkan untuk soal nomor 1, dua siswa perempuan dan satu siswa laki-laki mencapai tingkat berpikir kreatif 3. Siswa pada tingkat ini mampu memenuhi indiator kefasihan dan fleksibilitas. Selain itu, masing-masing satu siswa perempuan dan laki-laki memenuhi indikator kefasihan pada soal nomor 2, yang mana menunjukkan bahwa siswa tersebut mencapai tingkat berpikir kreatif 1. Dilihat dari indikator yang dipenuhi antara siswa laki – laki dan siswa perempuan maka dapat disimpulkan bahwa siswa perempuan lebih kreatif dibandingkan dengan siswa laki-laki.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dian Permatasari, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: berpikir kreatif; gender; matematika
Subjects: Gender
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 21 Feb 2023 09:58
Last Modified: 21 Feb 2023 09:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56481

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum