PENGEMBANGAN BUKU SAKU KEANEKARAGAMAN LUMUT KERAK (LICHEN) DI TLOGO MUNCAR TAMAN NASIONAL GUNUNG MERAPI SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA KELAS X SMA/MA

Lisa Fitriani, NIM.: 18106080008 (2022) PENGEMBANGAN BUKU SAKU KEANEKARAGAMAN LUMUT KERAK (LICHEN) DI TLOGO MUNCAR TAMAN NASIONAL GUNUNG MERAPI SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA KELAS X SMA/MA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN BUKU SAKU KEANEKARAGAMAN LUMUT KERAK (LICHEN) DI TLOGO MUNCAR TAMAN NASIONAL GUNUNG MERAPI SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA KELAS X SMA/MA)
18106080008_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN BUKU SAKU KEANEKARAGAMAN LUMUT KERAK (LICHEN) DI TLOGO MUNCAR TAMAN NASIONAL GUNUNG MERAPI SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA KELAS X SMA/MA)
18106080008_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Lumut Kerak (Lichen) merupakan simbiosis antara fungi dengan alga. Lumut Kerak (Lichen) umumnya hidup di tempat lembab dan bebas polusi. Di Tlogo Muncar Taman Nasional Gunung Merapi Kabupaten Sleman memiliki jenis pohon yang beragam sehingga memungkinkan di temukannya jenis Lumut Kerak (Lichen). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Keanekaragaman Lumut Kerak (Lichen) yang terdapat di Tlogo Muncar Taman Nasional Gunung Merapi Kabupaten Sleman, mengembangkan buku saku Keanekaragaman Lumut Kerak (Lichen) di Tlogo Muncar, dan mengetahui kualitas dan kelayakan produk yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang dikembangkan menjadi sumber belajar biologi berupa buku saku dengan metode pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh sebanyak 32 spesies yang berasal dari 16 famili yang terbagi dalam 2 tipe thalus yaitu thalus crustose dan foliose. Buku saku yang telah disusun kemudian divalidasi dengan menggunakan instrument penilaian berupa angket. Produk dinilai oleh satu ahli materi, satu ahli media, satu guru biologi, dan 33 siswa MIPA 3 MAN 1 Sleman. Hasil penilaian buku saku oleh ahli materi mendapatkan persentase 88,3% dengan kualitas sangat layak, ahli media persentase 80% dengan kualitas layak, guru biologi 98% dengan kualitas sangat layak dan siswa 84,45% dengan kualitas sangat layak. Rata-rata perolehan penilaian kualitas buku saku sebesar 87,69%. Berdasarkan penilaian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa buku saku sangat layak digunakan sebagai sumber belajar siswa untuk kelas X SMA/MA. Kata Kunci : Keanekaragaman, Lumut Kerak (Lichen), TNGM, Buku Saku.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing;Dr. Widodo, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: tumbuhan obat; lichen; lumut kerak; sumber belajar
Subjects: Pendidikan Biologi
Tanaman
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 21 Feb 2023 11:25
Last Modified: 21 Feb 2023 11:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56486

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum