PENGEMBANGAN E-BOOKLET INTERAKTIF KEANEKARAGAMAN ACARINA TANAH DI TEMPAT PEMBUANGAN SAMPAH TERPADU (TPST) PIYUNGAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI SMA/MA

Dian Fajar Yanti, NIM.: 18106080025 (2022) PENGEMBANGAN E-BOOKLET INTERAKTIF KEANEKARAGAMAN ACARINA TANAH DI TEMPAT PEMBUANGAN SAMPAH TERPADU (TPST) PIYUNGAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI SMA/MA. Post-Doctoral thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN E-BOOKLET INTERAKTIF KEANEKARAGAMAN ACARINA TANAH DI TEMPAT PEMBUANGAN SAMPAH TERPADU (TPST) PIYUNGAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI SMA/MA)
18106080025_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN E-BOOKLET INTERAKTIF KEANEKARAGAMAN ACARINA TANAH DI TEMPAT PEMBUANGAN SAMPAH TERPADU (TPST) PIYUNGAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI SMA/MA)
18106080025_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman jenis acarina tanah di kawasan tempat pembuangan sampah terpadu (TPST) piyungan, mengembangkan elektronik booklet keanekaragaman Acarina tanah di TPST Piyungan sebagai media pembelajaran biologi di SMA/MA dan mengetahui kelayakan produk yang dikembangkan. Pengembangan elektronik booklet keanekaragaman acarina tanah menggunakan model pengembangan ADDIE. Penelitian ini menghasilkan 10 spesies yang terbagi dalam 9 famili yaitu Stratiolaelaps scimitus,Uropoda sp, Androlaelap sp, Macrocheles sp, Trichouropoda sp, Ophionyssus natricis, Uroobovella marginata, Halacarus sp, Oppiella nova, dan Phthiracarus longulus. Indeks keanekaragaman jenis Acarina tanah di TPST Piyungan dihitung menggunakan Indeks kenakenakaragaman Sannon Winner mendapatkan nilai sebesar 2,107512 yang termasuk kategori sedang. E-Booklet yang dikembangkan di validasi oleh 1 ahli materi, 1 ahli media, dan 1 guru biologi. Uji coba terbatas dilakukan kepada 31 orang siswa kelas X IPA MAN 3 Klaten. Data hasil penilaian kualitas produk diperoleh dari angket penilaian.E-Booklet yang dikebngkan dinyatakan layk dan valid untuk digunakan dengan mendapatkan nilai akhir 87,77% dengan kriteria sangat layak. Berdasarkan penilaian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa E-Booklet interaktif keanekaragaman acarina tanah ini layak digunakan sebagai media pembelajaran biologi.

Item Type: Thesis (Post-Doctoral)
Additional Information: Pembimbing:Sulistiyawati, S.Pd.I., M.Si.
Uncontrolled Keywords: acarina; media pembelajaran; E-Booklet; keanekaragaman; Arthropoda
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 21 Feb 2023 11:34
Last Modified: 21 Feb 2023 11:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56488

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum