PENGEMBANGAN MEDIA WORKBOOK BERBASIS PERMAINAN EDUKATIF PADA MATERI POKOK KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VII SMP/MTs

Siti Nayli Rohmah, NIM.: 18106080042 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA WORKBOOK BERBASIS PERMAINAN EDUKATIF PADA MATERI POKOK KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VII SMP/MTs. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA WORKBOOK BERBASIS PERMAINAN EDUKATIF PADA MATERI POKOK KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VII SMP/MTs)
18106080042_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA WORKBOOK BERBASIS PERMAINAN EDUKATIF PADA MATERI POKOK KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VII SMP/MTs)
18106080042_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan media workbook berbasis permainan edukatif pada materi pokok klasifikasi makhluk hidup untuk peserta didik kelas VII SMP/MTs, 2) mengetahui kualitas media workbook berbasis permainan edukatif pada materi pokok klasifikasi makhluk hidup untuk peserta didik kelas VII SMP/MTs. Jenis penelitian ini adalah penelitian R&D (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, and Disseminate). Namun penelitian ini hanya sampai pada tahap Develop. Workbook dinilai menggunakan instrumen berupa lembar angket yaitu angket penilaian ahli, peer reviewer, guru IPA, dan respon peserta didik. Subjek penelitian ini meliputi 1 ahli media, 1 ahli materi, 5 peer reviewer, 1 guru IPA, dan 27 peserta didik kelas VII MTs Miftahul Ulum Bulakan, sedangkan objek pada penelitian ini yaitu berupa media pembelajaran workbook berbasis permainan edukatif. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini berupa 1) produk workbook berbasis permainan edukatif pada materi pokok klasifikasi makhluk hidup untuk peserta didik kelas VII SMP/MTs, 2) kualitas workbook berbasis permainan edukatif pada materi pokok klasifikasi makhluk hidup termasuk dalam kategori “Sangat Baik” dengan persentase keidealan 82% dari ahli media, 89% dari ahli materi, 90% dari peer reviewer dan 93% dari guru IPA. Respon dari 27 siswa terhadap workbook menunjukkan kategori “Sangat Setuju” dengan persentase keidealan 86%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Annisa Firanti, S.Pd.Si., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: pembelajaran biologi; workbook; permainan edukatif; klasifikasi makhluk hidup
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 21 Feb 2023 11:54
Last Modified: 21 Feb 2023 11:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56490

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum