PENERAPAN NILAI-NILAI TASAWUF AL-GHAZALI DI MADRASAH HUFFADH I PONDOK PESANTREN AL MUNAWWIR KRAPYAK YOGYAKARTA

Musyfiq Amrullah, NIM.: 17105010078 (2022) PENERAPAN NILAI-NILAI TASAWUF AL-GHAZALI DI MADRASAH HUFFADH I PONDOK PESANTREN AL MUNAWWIR KRAPYAK YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN NILAI-NILAI TASAWUF AL-GHAZALI DI MADRASAH HUFFADH I PONDOK PESANTREN AL MUNAWWIR KRAPYAK YOGYAKARTA)
17105010078_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN NILAI-NILAI TASAWUF AL-GHAZALI DI MADRASAH HUFFADH I PONDOK PESANTREN AL MUNAWWIR KRAPYAK YOGYAKARTA)
17105010078_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini dilandasi oleh berkurangnya nilai-nilai religius di kalangan masyarakat modern. Fenomena ini menyebabkan terjadinya berbagai konflik sosial, mulai dari kekerasan, pelecehan sampai bergesernya nilai-nilai etika dan moral, sehingga keharmonisan menjadi sesuatu yang hampir punah pada masa ini. Tasawuf adalah sebuah cara untuk membimbing manusia ke dalam keharmonisan dan kesatuan. Pondok Pesantren merupakan tempat untuk menerapkan nilai-nilai tasawuf dengan melatih para santri untuk mempraktekkannya dalam kehidupan sehari-hari. Umumnya pondok pesantren terletak berpisah dengan keramaian atau kehidupan sekitarnya, hal ini dilakukan agar pondok pesantren dapat maksimal dalam mendidik para santri menerapkan nilai keagamaan. Lantas bagaimana dengan Madrasah Huffadh I Pondok Pesantren Al-Munawwir yang justru terletak di dalam keramaian dan dihuni oleh mahasiswa yang tentunya berbeda dengan santri pada umumnya. Apa saja nilai-nilai tasawuf Al-Ghazali yang diterapkan di Madrasah Huffadh I?, apa saja aspek pendukung dan penghambat dalam penerapan nilai-nilai tasawuf di Madrasah Huffadh I dan apa solusi yang diberikan oleh Madrasah Huffadh I dalam mengatasi hambatan tersebut? Pertanyaan-pertanyaan ini merupakan rumusan masalah dalam penelitian ini. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mempelajari bagaimana nilai-nilai tasawuf dipraktikkan, hal apa yang membantu serta penghalang dalam kegiatan tersebut dan kiat apa saja yang direkomendasikan guna memperbaiki tantangan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Informan dalam penelitian ini : ustadz, pengurus dan santri. Wawancara, catatan lapangan, dan bentuk dokumentasi lainnya digunakan untuk mengumpulkan data. Memisahkan data yang relevan dari kebisingan, memberikan konteks, dan menarik kesimpulan. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah: (1) Nilai taubat, sabar, zuhud dan khauf, merupakan nilai tasawuf al-Ghazali yang diterapkan di Madrasah Huffadh I. (2) Program hafalan al-Qur’an dan majelis al-Qur’an, mujahadah yang wajib diikuti oleh seluruh santri, serta kontribusi pengurus dan ustadz dalam memantau kegiatan santri dan figur kiai dalah faktor pendukung dalam penerapan nilai tasawuf ini. Sedangkan aspek penghambat meliputi: kesadaran santri dalam mentaati peraturan, lingkungan sekitar pondok yang kurang mendukung dan kurangnya ketegasan peraturan. (3) Solusi yang diberikan oleh pihak pondok anatara lain: santri diperbolehkan membawa laptop di pondok untuk keperluan tugas kuliah, pembatasan jam keluar-masuk santri agar lebih disiplin, santri wajib memberikan jadwal perkuliahannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Robby Habiba Abror, S.Ag., M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Tasawuf, Abu Hamid Al-Ghazali, Pembelajaran Pondok Pesantren
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
TASAWUF
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Aqidah dan Filsafat Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 21 Feb 2023 14:28
Last Modified: 21 Feb 2023 14:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56501

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum