PERAN TOKOH NAHDLATUL ULAMA RANTING DESA JUWET DALAM MENANAMKAN NILAI - NILAI KEISLAMAN PADA MASYARAKAT SEKITAR SITUS GENDINGAN di NGANJUK

Moh. Nurfadila Zubaidah, NIM.: 17105020003 (2022) PERAN TOKOH NAHDLATUL ULAMA RANTING DESA JUWET DALAM MENANAMKAN NILAI - NILAI KEISLAMAN PADA MASYARAKAT SEKITAR SITUS GENDINGAN di NGANJUK. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN TOKOH NAHDLATUL ULAMA RANTING DESA JUWET DALAM MENANAMKAN NILAI - NILAI KEISLAMAN PADA MASYARAKAT SEKITAR SITUS GENDINGAN di NGANJUK)
17105020003_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERAN TOKOH NAHDLATUL ULAMA RANTING DESA JUWET DALAM MENANAMKAN NILAI - NILAI KEISLAMAN PADA MASYARAKAT SEKITAR SITUS GENDINGAN di NGANJUK)
17105020003_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini mengenai “Peran Tokoh Nahdlatul Ulama Dalam Menanamkan Nilai - Nilai Keislaman Pada Masyarakat Di Sekitar Situs Gendingan di Nganjuk”. Tujuan dalam penelitian untuk mengetahui bagaimana peran tokoh Nahdlatul Ulama dalam menanamkan nilai-nilai keislaman pada masyarakat di sekitar Situs Gendingan dan bagaimana nilai-nilai keislaman dapat tertanam pada masyarakat di sekitar Situs Gendingan. Penelitian dilakukan atas latar belakang modernitas kaitannya dengan kondisi sosial masyarakat yang cenderung menunjukkan keterlepasan (masyarakat) dari tatanan nilai-nilai, termasuk nilai agama dan sosial, sebagai pedoman dasar setiap masyarakat dalam menjalani kehidupan. Semakin rendahnya keterikatan masyarakat terhadap tatanan atau sistem nilai tertentu sangat memungkinkan munculnya sikap-sikap yang tidak berwawasan sosial, sosial keagamaan dan merugikan pihak lain, sehingga menghambat terciptanya solidaritas dan kesejahteraan hidup masyarakat. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, dengan metode pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta pemilihan narasumber sebagaimana kualifikasi yang ditentukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Situs Gendingan mempunyai implikasi terhadap masyarakat, hal tersebut beragam dan keragaman tersebut didasari oleh pengalaman empiris yang dialami masing-masing masyarakat akibat keberadaan mitos, mistis Situs Gendingan di tengah-tengah mereka. Hasil berikutnya menunjukkan bahwa eksistensi mitos situs Gendingan berimplikasi terhadap munculnya perilaku-perilaku baik dan buruk masyarakat Desa Juwet. Kegiatan atau upaya dari para Tokoh Nahdlatul Ulama dan para kyai menjadikan Situs Gendingan sebagai pusat kegiatan sosial keagamaan mempunyai dampak untuk perilaku masyarakat, hal ini dilakukan sebagai bentuk penghormatan dan kepatuhan masyarakat terhadap situs Gendingan sebagai warisan nenek moyang dan bagian dari para leluhur masyarakat desa Juwet.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Rahmat Fajri, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Tokoh Nahdlatul Ulama, Situs Gendingan, Msyarakat Islam
Subjects: Biografi Tokoh
Organisasi Masyarakat > Nahdlatul Ulama (NU)
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Studi Agama Agama (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 21 Feb 2023 14:31
Last Modified: 21 Feb 2023 14:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56502

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum