PRINSIP “KEMUDAHAN” SEBAGAI BENTUK SIKAP TOLERANSI NABI MUHAMMAD SAW DALAM KEGIATAN JUAL-BELI (STUDI MA’ANIL HADIS)

Muhammad Fariz Fathurrahman, NIM.: 17105050031 (2022) PRINSIP “KEMUDAHAN” SEBAGAI BENTUK SIKAP TOLERANSI NABI MUHAMMAD SAW DALAM KEGIATAN JUAL-BELI (STUDI MA’ANIL HADIS). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PRINSIP “KEMUDAHAN” SEBAGAI BENTUK SIKAP TOLERANSI NABI MUHAMMAD SAW DALAM KEGIATAN JUAL-BELI (STUDI MA’ANIL HADIS))
17105050031_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PRINSIP “KEMUDAHAN” SEBAGAI BENTUK SIKAP TOLERANSI NABI MUHAMMAD SAW DALAM KEGIATAN JUAL-BELI (STUDI MA’ANIL HADIS))
17105050031_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kegiatan jual-beli memiliki sebuah prinsip yang nantinya akan memberikan kemashlahatan bersama, yaitu prinsip kemudahan. Prinsip ini yang nantinya membuat penjual dan pembeli memiliki prasaan saling ridha ketika bertransaksi. Namun di zaman sekarang prinsip kemudahan ini tidak terlalu diperhatikan dengan adanya fakta bahwa semakin marak kasus diskriminasi dalam jual-beli. Salah satu kasus diskriminasi yang marak terjadi adalah kasus penipuan. Dalam kurun waktu sekitar 4 tahun telah ada ribuan kasus penipuan dalam jual-beli baik online maupun offline. Penelitian ini memfokuskan kajian dalam prinsip “kemudahan” sebagai bentuk sikap toleransi Nabi Muhammad SAW dalam kegiatan jual-beli dengan menggunakan metode ma’anil hadis Yusuf Qardhawi. Terdapat dua buah rumusan masalah yang dijawab dalam penelitian ini, pertama, bagaimana pemahaman hadis kemudahan dalam jual-beli? Kedua, bagaimana kontekstualisasi hadis kemudahan dalam jual-beli? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualtitatif, dengan penyajian data secara deskriptif-analitik. Hasil yang didapat dari penelitian ini, 1). Baik penjual maupun pembeli harus memberikan kenyamanan saat bertransaksi seperti yang telah diajarkan Nabi SAW yaitu membuat calon pelanggan diperlakukan seperti sahabat sendiri dan saling terbuka dalam melakukan transaksi. 2). Kemudahan dalam jual-beli juga berkaitan dengan semakin mudahnya kita dalam bertransaksi dengan adanya aplikasi e-commerce yang memberikan kita fasilitas pembayaran, penawaran, pengembalian barang secara virtual.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Agung Danarta, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: I’tibar SanadiKegiatan Jual Beli, Yusuf Qardhawi
Subjects: Hadis
Toleransi
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Hadis (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 24 Feb 2023 13:08
Last Modified: 24 Feb 2023 13:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56517

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum