PENGEMBANGAN SUMBER BELAJAR BERBASIS WEB BAHASA ARAB KURIKULUM ISMUBA UNTUK MEMUDAHKAN BELAJAR DI SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK, SLEMAN, YOGYAKARTA

M. Arif Hidayatulloh, NIM.: 18204021013 (2022) PENGEMBANGAN SUMBER BELAJAR BERBASIS WEB BAHASA ARAB KURIKULUM ISMUBA UNTUK MEMUDAHKAN BELAJAR DI SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK, SLEMAN, YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN SUMBER BELAJAR BERBASIS WEB BAHASA ARAB KURIKULUM ISMUBA UNTUK MEMUDAHKAN BELAJAR DI SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK, SLEMAN, YOGYAKARTA)
18204021013_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN SUMBER BELAJAR BERBASIS WEB BAHASA ARAB KURIKULUM ISMUBA UNTUK MEMUDAHKAN BELAJAR DI SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK, SLEMAN, YOGYAKARTA)
18204021013_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kegelisahan peneliti terhadap sumber belajar Bahasa Arab yang belum memanfaatkan teknologi secara maksimal di SMP Muhammadiyah 3 Depok, Adapun sumber belajar yang digunakan masih tergolong konvensional. Diketahui bersama bahwa kemajuan teknologi informasi dan komunikasi sangat pesat dan memberikan banyak kemudahan dalam berbagai bidang tak terkecuali dalam pembelajaran. Internet sebagai produk dari perkembangan teknologi dapat menjadi sumber belajar yang sangat berpengaruh dan sangat dekat dengan peserta didik saat ini. Keunggulan yang ditawarkan oleh internet tidak hanya pada kecepatan untuk memperoleh informasi, namun juga terdapat fasilitas multimedia yang dapat membuat belajar lebih menarik, dan menyenangkan sehingga akan menumbuhkan motivasi serta minat belajar peserta didik. Atas latar belakang itulah perlu dihadirkan sumber belajar yang mempu menjawab tantangan jaman dengan sumber belajar yang berbasis internet atau web. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Teknik pengambilan data berupa wawancara, observasi, angket, dan kuesioner. Analisis data dengan metode kuantitatif deskriptif. Peneltian ini menghasilkan sumber belajar berbasis web kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Depok Yogyakarta dengan alamat www.arabicmu.com. Sumber belajar yang dihasilkan dikembangkan sesuai dengan tahapan model pengembangan ADDIE. Hasil pengembangan sumber belajar Bahasa Arab ini memiliki hasil dengan kategori sangat baik oleh ahli materi dengan nilai keseluruhan 3,83 dan kategori sangat baik oleh ahli media dengan nilai keseluruhan 3,27. Sehingga sumber belajar yang dikembangkan layak untuk digunakan atau diaplikasikan sebagai sumber belajar dalam proses belajar mengajar di sekolah. Peserta didik dengan jumlah 91 responden dari kemenarikan sumber belajar menyatakan bahwa sumber belajar Bahasa Arab berbasis web yang dikembangkan memiliki kategori menarik dengan nilai keseluruhan 3,06. Hasil dari respon praktisi selaku guru Bahasa Arab memberikan respon dengan kategori sangat baik dengan total nilai keseluruhan 3,58. sehingga secara keseluruhan sumber belajar Bahasa Arab dengan kurikulum Ismuba berbasis web dikategorikan layak dan dapat dipergunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Muhammad Ja’far Shodiq, M.Si.
Uncontrolled Keywords: sumber belajar; Bahasa Arab; internet; Web
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 22 Feb 2023 09:13
Last Modified: 22 Feb 2023 09:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56526

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum