PENERAPAN METODE IMLA’ DALAM PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QURAN DI MTS BINAUL UMMAH BANTUL YOGYAKARTA TAHUN 2022

Arinal Husna, NIM.: 18204021022 (2022) PENERAPAN METODE IMLA’ DALAM PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QURAN DI MTS BINAUL UMMAH BANTUL YOGYAKARTA TAHUN 2022. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN METODE IMLA’ DALAM PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QURAN DI MTS BINAUL UMMAH BANTUL YOGYAKARTA TAHUN 2022)
18204021022_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN METODE IMLA’ DALAM PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QURAN DI MTS BINAUL UMMAH BANTUL YOGYAKARTA TAHUN 2022)
18204021022_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Metode merupakan fundamen yang sangat penting dalam sebuah sistem pembelajaran apapun, termasuk tahfidzul quran. Pembelajaran akan menghasilkan output yang berkualitas apabila penerapan metode di dalamnya juga berkualitas. Maka sebuah pembelajaran harus terus memperhatikan, meningkatkan serta mengevaluasi penerapan metode dengan sebaik mungkin. Tujuan dari penelitian ini adalah : untuk mengetahui bagaimana penerapan metode imla’ dalam pembelajaran tahfidzul quran di MTs Binaul Ummah, mengetahui apa saja kendala yang dihadapi dalam penerapan metode kitabah di MTs Binaul Ummah dan untuk mengetahui implikasi /pengaruh yang ada dari metode kitabah dalam pembelajaran tahfidzul quran di MTs Binaul Ummah. Penelitian ini termasuk field research atau penelitian lapangan, dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan analisis model Miles dan Huberman. Analisis yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini, penulis menemukan Adanya integrasi antara proses pembelajaran tahfidzul quran di madrasah dan pesantren menjadikan metode imla’ efektif digunakan dalam mencapai tujuan pembelajaran tahfidz yakni siswa mampu menghafal dengan mutqin serta mampu menuliskan ayat ayat Al Quran yang sudah dihafalkan, Adapun kendala yang dihadapi dalam penerapan metode Imla’ dalam pembelajaran tahfidzul quran di MTs Binaul Ummah adalah banyaknya kegiatan baik di pondok maupun madrasah, kurangnya semangat untuk menulis karena menulis adalah hal yang cepat membuat jenuh, mengantuk, malas, dan capek. Serta administrasi yang belum tersusun dengan rapi. selanjutnya dengan penerapan metode kitabah dalam pembelajaran tahfidz siswa tidak hanya merasa lebih kuat hafalannya akan tetapi juga lancar dalam menulis ayat ayat al quran.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Muhammad Ja’far Shodiq, M.S.I.
Uncontrolled Keywords: metode imla’; pembelajaran; tahfidzul quran
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 22 Feb 2023 09:48
Last Modified: 22 Feb 2023 09:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56529

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum