PERAN KEPALA MADRASAH DALAM MANAJEMEN BUDAYA ISLAMI BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER DI MADRASAH ALIYAH SUNNIYAH SELO KABUPATEN GROBOGAN

Ahmad Nasrulloh, NIM.: 18204091016. (2022) PERAN KEPALA MADRASAH DALAM MANAJEMEN BUDAYA ISLAMI BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER DI MADRASAH ALIYAH SUNNIYAH SELO KABUPATEN GROBOGAN. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN KEPALA MADRASAH DALAM MANAJEMEN BUDAYA ISLAMI BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER DI MADRASAH ALIYAH SUNNIYAH SELO KABUPATEN GROBOGAN)
18204091016_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERAN KEPALA MADRASAH DALAM MANAJEMEN BUDAYA ISLAMI BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER DI MADRASAH ALIYAH SUNNIYAH SELO KABUPATEN GROBOGAN)
18204091016_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peran kepala madrasah dalam manajemen budaya Islami yang hal tersebut merupakan salah satu solusi yang dapat meminimalisir pengaruh budaya luar akibat dari globalisasi. Budaya Islami merupakan nilai yang menjadi dasar perilaku, tradisi, kebiasaan keseharian, dan simbol-simbol yang dipraktikkan oleh anggota madrasah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Dilaksanakan di Madrasah Aliyah Sunniyah Selo Kabupaten Grobogan. Informan dalam Penelitian ini Bapak Kepala Madrasah, Wakil Kepala Madrasah, Guru, Karyawan beserta Murid di Madrasah Aliyah Selo kabupaten Grobongan Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode selanjutnya dianalisis dengan model interaktif Milles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa. pertama, Peran kepala madrasah dalam melakukan manajemen budaya Islami berbasis pendidikan karakter sangatlah penting. Setidaknya ada tiga pokok tugas dan fungsi kepala madarasah yaitu sebagai pemimpin, manager dan juga supervisor. kedua, Manajemen budaya Islami berbasis pendidikan karakter di Madrasah Aliyah Sunniyah Selo Kabupaten Grobogan meliputi penanaman nilai, pembentukan artefak dan pengawasan. Selain itu, kepala sekolah juga menggunakan strategi manajemen berupa perencanaan (planning), pengelompokan (organizing), pelaksanaan (actuacting), dan pengawasan (controling). Upaya penanaman budaya islami berbasis pendidikan karakter tersebut dilakukan melalui penugasan, pembiasaan, pelatihan pengajaran pengarahan dan keteladanan. ketiga, Hasil manajemen budaya Islami Berbasis pendidikan karakter di Madrasah Aliyah Sunniyah Selo Kabupaten Grobogan adalah menjaga kebersihan, pembacaan albarzanji, berdoa sebelum belajar, bersalaman pada guru, sholat dhuha berjamaah, sholat lima waktu, mengucapkan salam ketika bertemu orang lain dan tahfizul qur’an. keempat, Faktor pendukung penanaman budaya islami berbasis pendidikan karakter berupa dukungan keluarga, dukungan masyarakat dan guru yang profesional. Sedangkan faktor penghambat berupa pengaruh alat komunikasi dan kesalahan dalam memilih pergaulan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Subiyantoro, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: manajemen; budaya Islami; pendidikan karakter
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Karakter
Pendidikan > Kepala Sekolah
Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S-2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 22 Feb 2023 09:52
Last Modified: 22 Feb 2023 09:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56530

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum