STRATEGI PEMBELAJARAN GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK DI MTS AL- ANSHORY QOMARUL HUDA WAJAGESENG LOMBOK TENGAH

Abdul Hafiz Alfatoni, NIM.: 20204012023 (2022) STRATEGI PEMBELAJARAN GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK DI MTS AL- ANSHORY QOMARUL HUDA WAJAGESENG LOMBOK TENGAH. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PEMBELAJARAN GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK DI MTS AL- ANSHORY QOMARUL HUDA WAJAGESENG LOMBOK TENGAH)
20204012023_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PEMBELAJARAN GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK DI MTS AL- ANSHORY QOMARUL HUDA WAJAGESENG LOMBOK TENGAH)
20204012023_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (712kB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan saat ini, banyak dihadapkan dengan berbagai macam problematika, salah satunya lemahnya kegiatan proses pembelajaran, dalam proses pembelajaran peserta didik hanya diarahkan untuk dapat mengingat materi yang diberikan tanpa dituntut untuk memahami serta dapat diimplementasikan dalam kehidupannya sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk, Pertama menganalisis bagaimana strategi pembelajaran yang digunakan dalam mengembangkan kecerdasan emosional peserta didik di MTs Al- Anshory Qomarul Huda Wajageseng. Kedua menganalisis bagaimana hasil dari penerapan strategi pembelajaran yang digunakan dalam mengembangkan kecerdasan emosional peserta didik di MTs Al Anshori Qomarul Huda Wajageseng. Ketiga menganalisis faktor penghambat penerapan strategi pembelajaran yang digunakan dalam mengembangkan kecerdasan emosional peserta didik di MTs Al- Anshory Qomarul Huda Wajageseng. Jenis penelitian yang peneliti gunakan dalam tesis ini adalah penelitian lapangan (field Research) yang bersifat kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi Partisipatif, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, model data, dan tahapan kesimpulan. Kemudian dalam melakukan keabsahan data, peneliti menggunakan credibility (validitas internal) yang meliputi triangulasi data, triangulasi teknik serta triangulasi waktu. Hasil penelitian yang didapatkan meliputi: Strategi pembelajaran yang digunakan guru Akidah akhlak dalam mengembangkan kecerdasan emosional peserta didik di MTs Al- Anshory Qomarul Huda Wajageseng yaitu Strategi pembelajaran kontekstual, Implementasi Strategi Pembelajaran Guru Akidah Akhlak dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Peserta Didik dengan memusatkan pada memberikan perhatian kepada peserta didik, penyampaian tujuan pembelajaran, memberikan motivasi, memberikan bimbingan, mengarahkan peserta didik, memberikan contoh dan mengevaluasi. Hasil penerapan strategi pembelajaran akidah akhlak dalam mengembangkan kecerdasan emosional peserta didik di MTs Al Ansory Qomarul Huda Wajageseng dengan menggunakan strategi pembelajaran kontekstual menghasilkan peserta didik memiliki kesadaran diri, peka terhadap lingkungan, mampu memotivasi diri sendiri, memiliki keterampilan sosial, memiliki empati terhadap orang lain dan terciptanya kolaborasi antara satu sama lain. faktor penghambat yang mempengaruhi penerapan strategi guru akidah akhlak dalam mengembangkan kecerdasan emosional peserta didik yaitu peserta didik kurang mendapatkan motivasi dari orang tua, minat belajar peserta didik yang kurang, serta kurangnya kemampuan yang dimiliki peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Sedya Santoso,SS.M.Pd
Uncontrolled Keywords: learning strategies; teacher; emotional intelligence
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 24 Feb 2023 08:28
Last Modified: 24 Feb 2023 08:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56555

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum