PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN SMART APPS CREATOR UNTUK MAHARAH ISTIMA’ DAN KALAM DI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI

Dewi Fitriani, NIM.: 20204021020 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN SMART APPS CREATOR UNTUK MAHARAH ISTIMA’ DAN KALAM DI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN SMART APPS CREATOR UNTUK MAHARAH ISTIMA’ DAN KALAM DI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI)
20204021020_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN SMART APPS CREATOR UNTUK MAHARAH ISTIMA’ DAN KALAM DI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI)
20204021020_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengembangkan desain Media Pembelajaran Interaktif dengan Smart Apps Creator untuk Maharah Kalam dan Istima’ 2) Mengetahui Bagaimana Penilaian Ahli Pada Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Smart Apps Creator untuk Maharah Kalam dan Istima’ 3) Mengetahui tingkat keefektifan Media Pembelajaran Interaktif dengan Smart Apps Creator untuk Maharah Kalam dan Istima’ Mahasiswa Semester 1 Pendidikan Bahasa Arab Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin Jambi. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D), dengan menggunakan model ADDIE. Yaitu (A) Analisis (pemeriksaan), (D) Design (rencana), (D) Development (pengembangan), (I) Implementation (pelaksanaan), dan (E) Evaluation (penilaian). Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester 1 Prodi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin Jambi, kemudian teknik Pengumpulan Data dalam penelitian ini adalah Observasi,Wawancara,Angket dan Lembar Validasi Ahli Media dan Materi. Serta data didalam penelitian ini dihitung menggunakan exel dan IBM SPSS 21. Hasil penelitian diambil dari validasi ahli materi dan ahli media serta diambil dari hasil angket yang dibagikan ke mahasiswa, penilaian ahli materi pada angket validasi pengembangan media interaktif dengan Smart Apss Creator untuk maharah istima’ mendapatkan persentase sebesar 80% dan di kategorikan layak. Untuk maharah kalam mendapatkan persentase sebesar 85% dan dikategorikan sangat layak. Kemudian penilaian ahli media pada angket validasi pengembangan media interaktif dengan Smart Apss Creator untuk maharah istima’ mendapatkan persentase sebesar 84% dan dikategorikan sangat layak. Untuk maharah kalam mendapatkan persentase sebesar 82% dan dikategorikan sangat layak. Hasil angket maharah istima’ yang diperoleh dari responden mahasiswa pada pengembangan media interaktif dengan Smart Apss Creator untuk maharah istima’ mendapatkan persentase sebesar 85,4% yang dikategorikan sangat layak. Kemudian untuk maharah kalam mendapatkan persentase sebesar 85% yang dikategorikan sangat layak. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran istima’ dan kalam dengan Smart Apss Creator berbasis aplikasi android yang diaplikasikan oleh peneliti efektif untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Dailatus Syamsiyah, S.Ag, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: pembelajaran interaktif; media development; Arabic learning; smart apps creator
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 24 Feb 2023 09:58
Last Modified: 24 Feb 2023 09:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56561

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum