PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA ARAB BERBASIS CEFR LEVEL B1 DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BAHASA ARAB SISWA DI MA DIPONEGORO YOGYAKARTA

Suharsono, NIM.: 20204022006 (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA ARAB BERBASIS CEFR LEVEL B1 DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BAHASA ARAB SISWA DI MA DIPONEGORO YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA ARAB BERBASIS CEFR LEVEL B1 DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BAHASA ARAB SISWA DI MA DIPONEGORO YOGYAKARTA)
20204022006_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (611kB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA ARAB BERBASIS CEFR LEVEL B1 DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BAHASA ARAB SISWA DI MA DIPONEGORO YOGYAKARTA)
20204022006_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi oleh adanya kebutuhan terhadap bahan ajar bahasa Arab berbasis CEFR di MA Diponegoro Yogyakarta. Hal ini disebabkan oleh rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa. Di samping itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana membuat bahan ajar bahasa Arab berbasis CEFR level B1 dengan pendekatan komunikatif di MA Diponegoro Yogyakarta dan untuk mengetahui respon siswa terhadap bahan ajar ini. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model Borg and Gall yang terdiri dari 10 langkah yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk dan produksi masal. Produk bahan ajar ini divalidasi oleh dosen pembimbing, ahli bahan ajar, ahli CEFR, dan ahli materi serta direspon oleh 14 siswa kelas X MA Diponegoro Yogyakarta. Instrumen yang digunakan berupa angket untuk melihat kualitas produk dan angket respon siswa untuk melihat tanggapan siswa terhadap produk. Hasil penelitian ini berdasarkan data yang sudah dianalisis menurut validator bahan ajar ini memiliki kualitas baik dengan prosentase keidealan 74,47%. Adapun respon peserta didik terhadap bahan ajar ini memiliki kualitas baik, dengan prosentase keidealan sebesar 89,4%. Dari hasil penilaian prosentase tersebut, maka bahan ajar ini layak dan dapat dijadikan sebagai buku bahan ajar bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Zainal Arifin Ahmad, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: bahan ajar; CEFR; keterampilan bahasa, Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 24 Feb 2023 10:44
Last Modified: 24 Feb 2023 15:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56564

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum