PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA ARAB BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF (ISPRING SUITE 10) KELAS V SD MUHAMMADIYAH KADISOKA YOGYAKARTA

Uswatun Mahmudah, NIM.: 20204022007 (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA ARAB BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF (ISPRING SUITE 10) KELAS V SD MUHAMMADIYAH KADISOKA YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA ARAB BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF (ISPRING SUITE 10) KELAS V SD MUHAMMADIYAH KADISOKA YOGYAKARTA)
20204022007_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA ARAB BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF (ISPRING SUITE 10) KELAS V SD MUHAMMADIYAH KADISOKA YOGYAKARTA)
20204022007_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menjawab tiga hal yaitu: pertama untuk mengetahui desain pengembangan bahan ajar bahasa Arab berbasis multimedia interaktif (ispring suite 10) kelas V SD Muhammadiyah Kadisoka Yogyakarta, kedua untuk mengetahui hasil validasi para ahli bahan ajar bahasa Arab berbasis multimedia interaktif (ispring suite 10) kelas V SD Muhammadiyah Kadisoka Yogyakarta. Dan ketiga untuk mengetahui hasil implementasi bahan ajar bahasa Arab berbasis multimedia interaktif (ispring suite 10) kelas V SD Muhammadiyah Kadisoka Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE teori dari Robert Mariabe Branch yang memiliki lima langkah yaitu 1. Analysis, 2. Design, 3. Development, 4. Implementation, 5. Evaluation. Teknik analisis pengumpulan data berupa test yaitu pre-test dan post-test, sedangkan non-test yaitu observasi, wawancara dan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Desain bahan ajar ini terdari enam bab materi, lalu pada tiap bab terdapat kosakata bahasa Arab dan percakapan bahasa Arab yang ditampilkan berupa video serta soal latihan atau kuis untuk menentukkan gambar kosakata bahasa Arab pada setiap materi. 2) Hasil validasi dari beberapa ahli media, ahli materi dan guru berdasarkan data tersebut maka peneliti mengevaluasi hasil akhir bahan ajar bahasa Arab berbasis multimedia interaktif. Hasil dari ahli media mencapai skor “4,5” dan ahli materi mencapai skor “4” dan guru menghasilkan nilai akhir “4,7” masing-masing hasil tersebut dapat dikatakan kategori “layak” untuk diuji cobakan kepada siswa kelas V SD Muhammadiyah Kadisoka Yogyakarta. 3) Hasil implementasi produk bahan ajar bahasa Arab berbasis multimedia interaktif (ispring suite 10) kelas V SD Muhammadiyah Kadisoka Yogyakarta . berikut hasil akhir siswa melalui perhitungan rumus Aiken, tahapan pre-tes mendapatkan skor 62,2 , pos-test 88,27. Dan hasil angket respon mendapatkan 43,13. Kemudian dari hasil pre-test dan post-test melalui uji normalitas dengan pre-test sebesar sig 0,05 dan pos-test sebesar sig 0,24 hal dapat dikatakata berdistribusi “normal” karena data tersebut >0,05. Kemudian hasil uji homogenitas pre-test sig 0,36 dan post-test sebesar sig 0,75 maka hasil dari kedua tersebut dapat berdistribusi “homogen” karena >0,05. Dan hasil uji sample test menunjukkan bahwa hasil uji-t .122>0,05 maka kedua nilai signifikansi dapat “diterima”.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Dailatus Syamsiyah, S.Ag., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: bahan ajar; bahasa Arab; multimedia interaktif; Ispring Suite 10
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 24 Feb 2023 13:00
Last Modified: 17 Jul 2023 14:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56566

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum