AGENSI PEREMPUAN DALAM PEMBERDAYAAN ANAK DAN PEREMPUAN PADA MASYARAKAT DI TEGAL SENGGOTAN, PADUKUHAN DONGKELAN KAUMAN, TIRTONIRMOLO, KASIHAN, BANTUL

Tati Nur Pebiyanti, NIM.: 18105040035 (2022) AGENSI PEREMPUAN DALAM PEMBERDAYAAN ANAK DAN PEREMPUAN PADA MASYARAKAT DI TEGAL SENGGOTAN, PADUKUHAN DONGKELAN KAUMAN, TIRTONIRMOLO, KASIHAN, BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (AGENSI PEREMPUAN DALAM PEMBERDAYAAN ANAK DAN PEREMPUAN PADA MASYARAKAT DI TEGAL SENGGOTAN, PADUKUHAN DONGKELAN KAUMAN, TIRTONIRMOLO, KASIHAN, BANTUL)
18105040035_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (AGENSI PEREMPUAN DALAM PEMBERDAYAAN ANAK DAN PEREMPUAN PADA MASYARAKAT DI TEGAL SENGGOTAN, PADUKUHAN DONGKELAN KAUMAN, TIRTONIRMOLO, KASIHAN, BANTUL)
18105040035_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh realitas agensi perempuan dalam pemberdayaan anak dan perempuan pada masyarakat di Tegal Senggotan. Dengan pengetahuan dan kemampuan untuk melakukan tindakan, Andi Lestari Kusumawaty sebagai agen melakukan agensinya dalam bentuk pendirian Rumah Bina Anak Ceria. Realitas ini menarik untuk dikaji lebih dalam untuk mengetahui proses kemunculan agensi perempuan dan mengetahui apa saja pengaruhnya pada masyarakat di Tegal Senggotan sebagai tempat terjadinya tindakan agensi. Untuk menjawab rumusan masalah yang ada, peneliti melakukan penelitian yang bersifat kualitatif deskriptif dengan pendekatan berbasis lapangan (field research). Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari data primer yang diperoleh melalui proses wawancara dan observasi di lapangan dan data sekunder yang berasal dari berbagai sumber tertulis, seperti data-data dari dokumen dan arsip yang terkait. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul akan dianalisis menggunakan teori strukturasi Anthony Gidddens dengan meminjam konsep agen dan struktur. Hasil penelitian ini menunjukkan: Pertama, proses kemunculan agensi perempuan dalam pemberdayaan anak dan perempuan pada masyarakat Tegal Senggotan diawali dengan pengetahuan akan permasalahan menyangkut anak dan perempuan oleh agen yang meliputi: pemenuhan kebutuhan keluarga (ekonomi), minimnya pengetahuan tentang pola mengasuh dan mendidik anak, serta kurangnya perhatian orang tua dalam mengiringi proses perkembangan sosial anak-anaknya. Kemudian melahirkan Rumah Bina Anak Ceria sebagai wujud agensi. Munculnya agensi juga dipengaruhi oleh kesadaran diskurtif yang dimiliki oleh agen. Kedua, kemunculan agensi perempuan melalui pendirian Rumah Bina Anak Ceria berpengaruh pada aspek pendidikan, aspek sosial, dan aspek keagamaan dalam masyarakat Tegal Senggotan. Dari pengaruh tersebut menunjukkan adanya hubungan saling mempengaruhi antara Bunda Tari sebagai agen dan masyarakat Tegal Senggotan sebagai struktur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Rr. Siti Kurnia Widiastuti, S. Ag., M. pd., M.A.
Uncontrolled Keywords: Rumah Bina Anak Ceria (RBAC), Konsultasi Psikologi, Agensi Perempuan
Subjects: Permasalahan dan Layanan kepada Anak dan Remaja
Gender
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 24 Feb 2023 13:47
Last Modified: 24 Feb 2023 13:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56571

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum