PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS (STEAM) SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ART, MATHEMATIC DARI BAHAN LOOSE PARTS TERHADAP KREATIVITAS ANAK USIA 5-6 TAHUN

Sefriyanti, S.Pd, NIM.: 20204032018 (2022) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS (STEAM) SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ART, MATHEMATIC DARI BAHAN LOOSE PARTS TERHADAP KREATIVITAS ANAK USIA 5-6 TAHUN. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS (STEAM) SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ART, MATHEMATIC DARI BAHAN LOOSE PARTS TERHADAP KREATIVITAS ANAK USIA 5-6 TAHUN)
20204032018_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS (STEAM) SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ART, MATHEMATIC DARI BAHAN LOOSE PARTS TERHADAP KREATIVITAS ANAK USIA 5-6 TAHUN)
20204032018_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan latar belakang rendahnya kemampuan kreativitas anak dikarenakan faktor kegiatan pembelajaran yang dilakukan bersifat teacher center dan kegiatan pembelajaran mayoritas menggunakan Lembar Kerja Anak (LKA). Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran berbasis STEAM dari bahan loose parts terhadap kreativitas anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif dengan sampel 20 anak usia 5-6 tahun di Raudhatul Athfal (RA) Azzahra Way Jepara Lampung Timur. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen design one grup pretest-posttest. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif deskripstif dan Uji N-gain dengan bantuan IBM SPSS versi 22. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis STEAM dari bahan loose parts berpengaruh terhadap kreativitas anak usia 5-6 tahun dengan dibuktikan adanya peningkatan kemampuan kreativitas dengan nilai rata-rata yang diperoleh saat pretest 59,55 dan posttest 67,65. Selanjutnya besar pengaruh kemampuan kreativitas anak dengan diterapkannya media pembelajaran berbasis STEAM dari bahan loose parts dari hasil perhitungan N-gain nilai rata-rata pretest-postest yaitu 0,4025 berada pada kategori sedang. Sehingga penerapan media tersebut dapat dikatakan efektif digunakan dalam pengembangan kreativitas anak.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Winarti, S.Pd., M.Pd. Si
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran; STEAM; bahan loose parts; kreativitas anak
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 24 Feb 2023 13:19
Last Modified: 24 Feb 2023 15:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56580

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum