DISKURSUS HADIS-HADIS INTERAKS PEREMPUAN DENGAN LAKI-LAKI: TELAAH PEMAHAMAN 'ABD AL-HALIM ABU SYUQQAH DALAM KITAB TAHRIR AL-MAR’AH FI ‘ASR AR-RISALAH

Amelia Nailul Fauziyah, NIM.: 19105051002 (2022) DISKURSUS HADIS-HADIS INTERAKS PEREMPUAN DENGAN LAKI-LAKI: TELAAH PEMAHAMAN 'ABD AL-HALIM ABU SYUQQAH DALAM KITAB TAHRIR AL-MAR’AH FI ‘ASR AR-RISALAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DISKURSUS HADIS-HADIS INTERAKS PEREMPUAN DENGAN LAKI-LAKI: TELAAH PEMAHAMAN 'ABD AL-HALIM ABU SYUQQAH DALAM KITAB TAHRIR AL-MAR’AH FI ‘ASR AR-RISALAH)
19105051002_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (DISKURSUS HADIS-HADIS INTERAKS PEREMPUAN DENGAN LAKI-LAKI: TELAAH PEMAHAMAN 'ABD AL-HALIM ABU SYUQQAH DALAM KITAB TAHRIR AL-MAR’AH FI ‘ASR AR-RISALAH)
19105051002_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Diskusi interaksi perempuan dengan laki-laki tampak masih hangat diperbincangkan. Hal ini diakibatkan oleh anggapan-anggapan mengenai perempuan tidak seharusnya dapat berinteraksi dengan lawan jenis. Klaim tersebut mereka usungkan dengan menyodorkan teks-teks Al-Qur’an dan hadis yang mengarah pada pelarangan pertemuan perempuan dengan laki-laki tanpa memperhatikan konteks dan sasaran teks diwahyukan. Keadaan ini kemudian mengundang tokoh-tokoh muslim untuk membantah pandangan tersebut, salah satunya ialah ‘Abd Al-Ḥalīm Abū Syuqqah dengan menciptakan maha karyanya yang membicarakan mengenai tema perempuan termasuk telaah interaksi perempuan dengan laki-laki, kemudian Abu Syuqqah beri judul Taḥrīr Al-Mar’ah fī ‘Aṣr Ar-Risālah. Pada karyanya Abu Syuqqah menekankan bahwa wanita boleh melakukan interaksi dengan laki-laki diiringi dengan etika-etika yang telah digariskan pada dogma Islam. Dengan demikian, penelitian ini difokuskan untuk menganalisis interpretasi metodologi yang dipakai oleh Abu Syuqqah dengan memilih teori hermeneutika Gadamer sebagai pisau analisisnya. Melalui rangkaian analisis yang telah dilakukan, maka didapati konklusi sebagai berikut: 1) Abu Syuqqah menerapkan pola tematik dengan klasifikasi term. Sementara itu pada prinsip pensyarahan, Abu Syuqqah mengaplikasikan intra-relationsip text dan extra-relanationship text. Pada praktiknya Abu Syuqqah tidak banyak menyinggung konteks asbab al-wurud pada hadis, namun ia berupaya dengan menunjukkan teks hadis sebanyak dan semampunya yang setema dan layak kualitas. 2) Corak metodologi yang Abu Syuqqah aplikasikan yang seiras dengan corak dengan teori hermeneutika Hans-Georg Gadamer, hal ini ditandai dengan keterpengaruhan sejarah yang membentuk pemahaman pembaca, pembauran cakrawala teks dan cakrawala pembaca, dan pengaplikasian untuk menemukan pesan yang terdapat pada teks. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilalui maka terbentuklah faktor historis dan teoritis yang melatarbelakangi pemikiran Abu Syuqqah yaitu menggambarkan bagaimana dalam perjalanan hidupnya ia menjumpai para ulama golongan feminis, dimana para tokoh tersebut besar dalam lingkaran Ikhwan al-Muslimin. Kemudian ikut serta menanggapi keadaan Mesir pada saat itu dengan mengkritik pandangan-pandangan yang keliru terhadap emansipasi wanita.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Indal Abror, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Hadis, ‘Abd Al-Ḥalīm Abu Syuqqah, Taḥrir Al-Mar’ah Fi ‘Aṣr Ar-Risalah
Subjects: Gender
Hadis
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Hadis (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 24 Feb 2023 15:41
Last Modified: 24 Feb 2023 15:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56591

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum