PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DALAM KELUARGA JAWA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PERKEMBANGAN MORAL (Studi Kasus di Desa Metro Rejo, Kecamatan Buay Madang Timur, Kabupaten OKU Timur, Sumatera Selatan)

Tita Pertamawati, S.Pd., NIM.: 20204032039 (2022) PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DALAM KELUARGA JAWA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PERKEMBANGAN MORAL (Studi Kasus di Desa Metro Rejo, Kecamatan Buay Madang Timur, Kabupaten OKU Timur, Sumatera Selatan). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DALAM KELUARGA JAWA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PERKEMBANGAN MORAL (Studi Kasus di Desa Metro Rejo, Kecamatan Buay Madang Timur, Kabupaten OKU Timur, Sumatera Selatan))
20204032039_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DALAM KELUARGA JAWA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PERKEMBANGAN MORAL (Studi Kasus di Desa Metro Rejo, Kecamatan Buay Madang Timur, Kabupaten OKU Timur, Sumatera Selatan))
20204032039_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan keluarga jawa mempunyai peranan penting dalam membentuk perkembangan moral anak usia dini. Sebab pendidikan berbasis keluarga jawa ini memiliki kekhasan yang berbeda dari kelurga lainnya. Pendidikan keluarga jawa mempunyai keunikan yang meliputi dalam bersikap, melangsungkan kehidupan, keunikan dalam melangsungkan daur hidup dengan menggunakan berbagai pranata budaya Jawa serta upaya dalam melestarikan budaya tersebut. Kekhasan pendidikan keluarga jawa seperti Kekhasan dalam bersikap yang dilakukan oleh orang Jawa memiliki kesan yang bernilai, senantiasa memprioritaskan sikap sopan santun. Dengan ciri khas inilah maka tidak heran apabila orang Jawa terkenal dengan kesan berbudi luhur dalam segala hal termasuk pada saat hidup bersandingan dengan suku yang lainnya. Dengan sikap yang senantiasa menjunjung tinggi nilai-nilai moral dalam kesehariannya. Berdasarkan fenomena di atas, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian lebih dalam lagi tentang pendidikan anak usia dini dalam keluarga jawa dan implikasinya terhadap perkembangan moral (Studi kasus di Desa Metro Rejo Sumatera Selatan). Metode penelitian yang gunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan mendeskripsikan konsep dan implementasi dari pendidikan anak usia dini dalam pendidikan keluarga jawa dan implikasinya terhadap perkembangan moral (studi kasus di Desa Metro Rejo Sumatera Selatan) dengan kepala desa, anggota keluarga jawa, dan anak yang berusia 4-6 tahun dengan jumlah 10 anak, yakni 6 perempuan dan 4 laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara untuk memperoleh informasi mengenai pendidikan anak usia dini dalam keluarga jawa dan implikasinya terhadap perkembangan moral, dengan informan. Observasi untuk mengumpulkan data mengenai letak desa secara geografis, situasi, dan kondisi serta mengetahui bagaimana pendidikan anak usia dini dalam keluarga jawa dan implikasinya terhadap perkembangan moral. untuk mendapatkan data yang bersifat dokumentatif seperti: sejarah Desa Metro Rejo Sumatera Selatan, kegiatan pendidikan keluarga jawa sehari-hari. Kemudian data di analisis secara deskriptif kualitatif untuk mendapatkan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Model pendidikan keluarga jawa di Desa Metro Rejo dengan memberikan wejangan, memprioritaskan unggah-ungguh, dan ketegasan; (2) Prinsip pendidikan moral anak pada keluarga jawa di Desa Metro Rejo menggunakan prinsip wedi (takut), isin (malu), dan sungkan (segan); (3) Anak mampu menunjukkan kepatuhan pada orang yang lebih tua, baik pada keluarga maupun orang lain. Mampu menunjukkan empatinya pada teman sebayanya, menghormati dan menghargai budaya lain yang ada di Desa Metro Rejo.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. Hj. Marhumah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: early childhood education; Javanese family; moral education
Subjects: Keluarga Sejahtera
Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 24 Feb 2023 16:11
Last Modified: 24 Feb 2023 16:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56597

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum