KOMODIFIKASI AGAMA PADA WEBSITE GERAKAN ISLAM CINTA

Cut Asri, NIM.: 20205022001 (2022) KOMODIFIKASI AGAMA PADA WEBSITE GERAKAN ISLAM CINTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KOMODIFIKASI AGAMA PADA WEBSITE GERAKAN ISLAM CINTA)
20205022001_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KOMODIFIKASI AGAMA PADA WEBSITE GERAKAN ISLAM CINTA)
20205022001_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Gerakan Islam Cinta merupakan gerakan yang diciptakan untuk merespon umat Islam moderat terhadap fenomena intoleransi dan radikalisme atas nama agama. Islam Cinta lahir dari pemikiran Haidar Bagir yang menekankan pada perspektif cinta. Islam cinta adalah Islam tasawuf sekaligus kecintaan para pelopor Gerakan Islam Cinta kepada para pemikir Islam terkemuka seperti Muhammad Iqbal dan Jalaluddin Rumi yang menjadi cikal bakal Gerakan Islam Cinta. Gerakan ini adalah sebuah organisasi yang mencoba menyederhanakan konsep yang sulit agar orang menemukan cara untuk memahaminya dengan mudah melalui komodifikasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji upaya Gerakan Islam Cinta dalam mengkomodifikasikan agama agar mudah dipahami dan diterima oleh masyarakat digital, serta mengkaji dampak agama setelah menjadi komoditas spiritual yang marketable untuk memenuhi kebutuhan masyarakat digital atau tidak. Penelitian ini menggunakan teori komoditas yang dikemukakan oleh Karl Marx. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode netnografi. Dalam memperoleh sumber informasi, penulis melakukannya dengan dua cara, yaitu sumber informasi primer dari dokumen yang diunggah ke website Gerakan Islam Cinta; islamcinta.co @islamcintaid.co dan berbagai media sosial resmi yang dimiliki Gerakan Islam Cinta dan sumber informasi sekunder dari berbagai sumber di internet, baik artikel, buku maupun berita yang berkaitan dengan pembahasan penelitian ini. Dan menganalisis data dengan mengorganisasikan atau mengelompokkan dan membandingkannya sehingga dapat dikelola sebelum menggabungkannya, kemudian memilih mana yang penting dan mana yang akan ditinjau, dan terakhir menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil yang diperoleh, komodifikassi Gerakan Islam Cinta dilakukan melalui literasi dan film Islam Cinta. Termasuk beberapa komoditas Gerakan Islam Cinta yang merupakan bagian dari program Gerakan Islam Cinta itu sendiri seperti, buku, film, podcast dan sebagainya yang menjadi bagian dari program dan acara Gerakan Islam Cinta. Komodifikasi ini mereduksi agama paska komoditas karena supremasi cinta berdasarkan nilai-nilai makrifat yang mendapat respon dari masyarakat digital di media sosial Gerakan Islam Cinta. Secara tidak langsung, agama direduksi sehingga keutamaan cinta pada tataran agama terletak pada makrifat yang lebih tampak, sehingga tataran agama yang lain, seperti Syariah, dilupakan. Karena itu, komodifikasi yang dilakukan oleh Gerakan Cinta Islam mendapat tanggapan dari rezim diferensiasi pada Social Media.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Munawar Ahmad, M.S
Uncontrolled Keywords: Masyarakat Digital, Gerakan Islam Cinta, Komodifikasi Agama
Subjects: Sosiologi Agama
Sosial, Gerakan
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Studi Agama Agama (S2)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 27 Feb 2023 09:47
Last Modified: 27 Feb 2023 09:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56609

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum