FAKTOR-FAKTOR DETERMINAN DALAM PENINGKATAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA MI AL HUDA (Studi Pada Siswa dengan Kecerdasan Emosional Kategori tinggi)

Tria Marvida, NIM.: 20204082012 (2022) FAKTOR-FAKTOR DETERMINAN DALAM PENINGKATAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA MI AL HUDA (Studi Pada Siswa dengan Kecerdasan Emosional Kategori tinggi). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (FAKTOR-FAKTOR DETERMINAN DALAM PENINGKATAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA MI AL HUDA (Studi Pada Siswa dengan Kecerdasan Emosional Kategori tinggi))
20204082012_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (FAKTOR-FAKTOR DETERMINAN DALAM PENINGKATAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA MI AL HUDA (Studi Pada Siswa dengan Kecerdasan Emosional Kategori tinggi))
20204082012_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengidentifikasi kecerdasan emosional yang dimiliki siswa kelas V MI Al Huda; 2) mendeskripsikan faktor internal yang mempengaruhi kecerdasan emosional siswa kelas V MI Al Huda; 3) mendeskripsikan faktor eksternal yang mempengaruhi kecerdasan emosional siswa kelas V MI Al Huda; 4) mengidentifikasi faktor determinan manakah yang berpengaruh dalam peningkatan kecerdasan emosional siswa kelas V MI Al Huda. Jenis penelitian yang digunakan yaitu mix method dengan desain sequential explanatory. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data kuantitatif dilakukan dengan cara statistik deskriptif dan statistik parametris. Sedangkan analisis data kualitatif dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menghasilkan empat kesimpulan, yakni: 1) gambaran kecerdasan emosional siswa kelas V MI Al Huda yaitu 5 siswa memiliki kecerdasan emosional yang tinggi, 47 berada pada kategori sedang dan tidak ada yang berada pada kategori rendah; 2) faktor internal mempengaruhi kecerdasan emosional siswa kelas V MI Al Huda sebesar 53, 4%; 3) faktor eksternal mempengaruhi kecerdasan emosional siswa kelas V MI Al Huda sebesar 87, 8%; 4) berdasarkan nilai R square dapat diketahui bahwa variabel faktor guru memberikan sumbangan paling besar terhadap kecerdasan emosional siswa yaitu sebesar 64, 2%. Dari hal tersebut disimpulkan bahwa guru merupakan faktor yang paling determinan atas peningkatan kecerdasan emosional siswa kelas V MI Al Huda. Dan cara yang guru lakukan untuk membentuk kecerdasan emosional adalah dengan memberikan nasehat dan menjadi suri teladan bagi siswanya. Dalam merancang pembelajaran guru juga sudah menanamkan aspek-aspek kecerdasan emosional dengan sangat baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Istiningsih, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: determinant; emotional intelligence; elementary school student
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 27 Feb 2023 09:53
Last Modified: 27 Feb 2023 09:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56618

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum