PENERAPAN NILAI-NILAI PROFETIK DALAM PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN PAI DI KELAS IV SD MUHAMMADIYAH KADISOKA

Lusiana, NIM.: 20204082016 (2022) PENERAPAN NILAI-NILAI PROFETIK DALAM PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN PAI DI KELAS IV SD MUHAMMADIYAH KADISOKA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN NILAI-NILAI PROFETIK DALAM PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN PAI DI KELAS IV SD MUHAMMADIYAH KADISOKA)
20204082016_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN NILAI-NILAI PROFETIK DALAM PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN PAI DI KELAS IV SD MUHAMMADIYAH KADISOKA)
20204082016_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Degradasi karakter merupakan permasalahan yang terjadi pada masa sekarang ini. Praktik pendidikan di Indonesia dinilai belum mampu membangun kecerdasan secara seimbang. Sistem pendidikan yang ada sekarang ini lebih banyak menekankan pada pengembangan kognitif dan kurang memperhatikan pengembangan afektif. Sehingga perlu adanya penerapan pendidikan berbasis karakter islami. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengidentifikasi nilai-nilai profetik apa saja yang diterapkan dalam pendidikan karakter peserta didik melalui pembelajaran PAI di Kelas IV SD Muhammadiyah Kadisoka; 2) mengidentifikasi penerapan nilai-nilai profetik dalam dalam pendidikan karakter peserta didik melalui pembelajaran PAI di Kelas IV SD Muhammadiyah Kadisoka; 3) mengidentifikasi strategi penerapan nilai-nilai profetik dalam pendidikan karakter peserta didik melalui pembelajaran PAI di Kelas IV SD Muhammadiyah Kadisoka. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif. Adapun sifat penelitian ini yaitu deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menghasilkan tiga kesimpulan, yakni: 1) nilai-nilai profetik yang diterapkan dalam pendidikan karakter peserta didik melalui pembelajaran PAI di Kelas IV SD Muhammadiyah Kadisoka yaitu nilai transendensi, humanisasi dan liberasi. Adapun nilai karakter yang yang termasuk kedalam nilai profetik transendensi yaitu nilai karakter religius, jujur, disiplin dan bertanggung jawab, mandiri. Untuk nilai karakter yang termasuk kedalam nilai profetik liberasi yaitu nilai karakter demokratis, rasa ingin tahu, bekerja keras, kreatif dan gemar membaca. Sedangkan nilai karakter yang termasuk kedalam nilai profetik humanisasi yaitu nilai karakter toleransi, peduli sosial, cinta damai, menghargai prestasi, komunikatif, cinta tanah air, peduli lingkungan dan semangat kebangsaan; 2) penerapan nilai-nilai profetik dalam pendidikan karakter peserta didik melalui pembelajaran PAI di Kelas IV SD Muhammadiyah Kadisoka dapat dilihat pada tahap pelaksanaan pembelajaran yang meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup; 3) strategi yang digunakan dalam penerapan nilai-nilai profetik dalam pendidikan karakter peserta didik melalui pembelajaran PAI di kelas IV SD Muhammadiyah Kadisoka yaitu dengan menggunakan strategi mengajarkan pengetahuan tentang budi pekerti atau moral knowing, strategi moral modeling, strategi menumbuhkan rasa mencintai kebaikan atau moral feeling and loving, strategi moral acting, strategi tradisional atau nasihat, strategi pemberian hukuman atau punishment, dan strategi pembiasaan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Sabarudin, M.Si.
Uncontrolled Keywords: nilai profetik; pendidikan karakter; pembelajaran PAI
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Karakter
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 27 Feb 2023 10:38
Last Modified: 27 Feb 2023 10:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56622

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum