PENDEKATAN BEHAVIOUR DENGAN TEKNIK TOKEN ECONOMY DALAM MENURUNKAN TANTRUM (STUDI PADA SATU ANAK AUTIS DI SLB ISLAM QOTHRUNNADA BANTUL)

Muhammad Reza Ginanjar Mukti, NIM.: 16220110 (2023) PENDEKATAN BEHAVIOUR DENGAN TEKNIK TOKEN ECONOMY DALAM MENURUNKAN TANTRUM (STUDI PADA SATU ANAK AUTIS DI SLB ISLAM QOTHRUNNADA BANTUL). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENDEKATAN BEHAVIOUR DENGAN TEKNIK TOKEN ECONOMY DALAM MENURUNKAN TANTRUM (STUDI PADA SATU ANAK AUTIS DI SLB ISLAM QOTHRUNNADA BANTUL))
16220110_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENDEKATAN BEHAVIOUR DENGAN TEKNIK TOKEN ECONOMY DALAM MENURUNKAN TANTRUM (STUDI PADA SATU ANAK AUTIS DI SLB ISLAM QOTHRUNNADA BANTUL))
16220110_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya siswa SLB yang mengalami gangguan emosi (tantrum). Gangguan emosi ini dapat menimbulkan efek negatif apabila tidak dikendalikan dengan baik. Siswa berkebutuhan khusus yang mengalami tantrum dapat mengganggu perkembangan dan proses belajarnya. Namun gangguan atau perilaku tersebut dapat direduksi dengan menggunakan pendekatan behaviour, salah satunya yaitu teknik token ekonomi. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendekatan behaviour dengan teknik token ekonomi dalam menurunkan perilaku tantrum pada anak autis. Fokus pada penelitian ini adalah tahapan pelaksanaan token ekonomi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Adapun jenis penelitiannya yaitu penelitian lapangan (field research). Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kualitatif menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat tiga tahapan pelaksanaan teknik token ekonomi yaitu, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Penerapan teknik ini menghasilkan penurunan intensitas perilaku tantrum siswa autis. Meskipun perilaku tantrum tidak semua bisa direduksi, akan tetapi beberapa perilaku terjadi penurunan yang cukup signifikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Citra Widyastuti, S.Psi., M.Si
Uncontrolled Keywords: Token Ekonomi, Siswa Tantrum, Autis
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
DISABILITAS
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 27 Feb 2023 11:16
Last Modified: 27 Feb 2023 11:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56628

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum