PERAN SUPERVISOR DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEKERJA SOSIAL DI YAYASAN SAYAP IBU (YSI) CABANG D.I. YOGYAKARTA PANTI 1 PENGASUHAN ANAK TERLANTAR

Maulida Cahyaningtyas, NIM.: 16250028 (2023) PERAN SUPERVISOR DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEKERJA SOSIAL DI YAYASAN SAYAP IBU (YSI) CABANG D.I. YOGYAKARTA PANTI 1 PENGASUHAN ANAK TERLANTAR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN SUPERVISOR DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEKERJA SOSIAL DI YAYASAN SAYAP IBU (YSI) CABANG D.I. YOGYAKARTA PANTI 1 PENGASUHAN ANAK TERLANTAR)
16250028_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PERAN SUPERVISOR DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEKERJA SOSIAL DI YAYASAN SAYAP IBU (YSI) CABANG D.I. YOGYAKARTA PANTI 1 PENGASUHAN ANAK TERLANTAR)
16250028_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Supervisi pekerjaan sosial sudah dianggap sebagai pusat pemeliharaan praktik terbaik dan yang tidak terlepas dari hubungan antara supervisor pekerja sosial dengan pekerja sosial itu sendiri. Penting bagi pekerja sosial untuk memiliki supervisor pekerja sosial yang sama-sama memiliki latar belakang pendidikan kesejahteraan sosial. Salah satu lembaga yang memiliki supervisor pekerja sosial yang memiliki latar belakang pendidikan kesejahteraan sosial adalah Yayasan Sayap Ibu Cabang DIY Yogyakarta. Seorang supervisor pekerja sosial dibutuhkan oleh pekerja sosial untuk memberikan arah, berbagi ilmu dan pengalamannya yang sudah lebih lama. Hal ini tentu tidak terlepas dengan peran-peran supervisor pekerja sosial yang bermanfaat untuk meningkatkan kinerja pekerja sosial. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan mengambil lokasi di Panti 1 Pengasuhan Anak Terlantar Yayasan Sayap Ibu (YSI) Cabang Yogyakarta. Dengan subyek penelitan adalah supervisor pekerja sosial di Yayasan Sayap Ibu (YSI) Cabang Yogyakarta. Dengan tujuan untuk mengetahui peran-peran supervisor dalam meningkatkan kinerja pekerja sosial di Panti 1. Pengumpulan data yang dilakukan adalah menggunakan observasi, wawancara dan juga dengan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan adalah dengan pengumpulan data yang diperoleh dari lapangan yang kemudian data tersebut akan direduksi, penyajian data yang sudah dikumpulkan dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa supervisor pekerja sosial memiliki peran-peran yang dilakukan selama proses supervisi pekerjaan sosial. peran-peran tersebut adalah peran pendukung, peran pengawas, peran konsultan kasus, dan peran rekan. Adanya supervisor pekerja sosial membantu pekerja sosial baik selama proses perencanaan, pelaksanaan dan penyelesaian kasus.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Siti Solechah, S.Sos.I., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Supervisor, Pekerja Sosial, Kinerja Pekerja
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Pekerjaan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 27 Feb 2023 11:44
Last Modified: 27 Feb 2023 11:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56632

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum