EFEKTIVITAS PENGELOLAAN ZAKAT MELALUI PROGRAM PELATIHAN SIAP KERJA BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL KABUPATEN TEGAL

Azmi Izzati, NIM.: 17102030021 (2023) EFEKTIVITAS PENGELOLAAN ZAKAT MELALUI PROGRAM PELATIHAN SIAP KERJA BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL KABUPATEN TEGAL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PENGELOLAAN ZAKAT MELALUI PROGRAM PELATIHAN SIAP KERJA BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL KABUPATEN TEGAL)
17102030021_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PENGELOLAAN ZAKAT MELALUI PROGRAM PELATIHAN SIAP KERJA BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL KABUPATEN TEGAL)
17102030021_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingginya angka pengangguran dan sulitnya mendapatkan pekerjaan saat ini khususnya saat masa pandemi covid-19 di Kabupaten Tegal, mendorong BAZNAS Kabupaten Tegal melakukan terobosan baru melalui program pelatihan siap kerja dalam upaya mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Tegal. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan zakat dan efektivitas program siap kerja BAZNAS Kabupaten Tegal. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian kualitatif, metode yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, yaitu dengan mengumpulkan data dan mereduksinya menjadi kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Pertama, pengelolaan zakat program pelatihan siap kerja tidak dilakukan secara mandiri melainkan termasuk kedalam pengelolaan zakat program Tegal Makmur. Kedua, program siap kerja BAZNAS Kabupaten Tegal dilaksanakan secara bergelombang, Dalam 1 (satu) tahun dilaksanakan sebanyak 2 kali. Peserta melaksanakan kegitan pelatihan menjahit di LPKS Henita selama 20 hari. Ketiga, program pelatihan siap kerja BAZNAS Kabupaten Tegal dikatakan efektif, karena telah memenuhi indikator dan kriteria efektivitas program atau organisasi dapat dikatakan efektif yaitu, dapat dilihat dari tercapainya tujuan secara kuantitas yakni peserta yang terserap bekerja di PT. SMJ Pratama dari gelombang 1 (satu) sampai 6 (enam) tercatat sebanyak 150 peserta. Secara kualitas peserta memiliki skill keterampilan yang memadahi serta ilmu pengetahuan agar siap terjun dalam dunia industri. Adanya kerjasama yang baik antara BAZNAS Kabupaten Tegal, PT. SMJ Pratama, LPKS Henita serta peserta pelatihan dapat mempengaruhi keberhasilan kegiatan program pelatihan siap kerja. Program pelatihan siap kerja Kabupaten Tegal membawa perubahan yang baik bagi masyarakat yang masih kesulitan dalam mencari pekerjaan terutama dari keluarga fakir miskin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Mohammad Abu Suhud, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Zakat, pelatihan Kerja, BAZNAS Kabupaten Tegal
Subjects: Hukum Islam > Zakat
Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 27 Feb 2023 11:49
Last Modified: 27 Feb 2023 11:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56634

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum