MANAJEMEN PROGRAM OSOP (ONE SCHOOL ONE PRODUCT) DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI KEWIRAUSAHAAN KEPALA SEKOLAH (Studi Dinas Pendidikan Bangka Tengah)

Muhammad Ghozali, NIM.: 20204092019 (2022) MANAJEMEN PROGRAM OSOP (ONE SCHOOL ONE PRODUCT) DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI KEWIRAUSAHAAN KEPALA SEKOLAH (Studi Dinas Pendidikan Bangka Tengah). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PROGRAM OSOP (ONE SCHOOL ONE PRODUCT) DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI KEWIRAUSAHAAN KEPALA SEKOLAH (Studi Dinas Pendidikan Bangka Tengah))
20204092019_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PROGRAM OSOP (ONE SCHOOL ONE PRODUCT) DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI KEWIRAUSAHAAN KEPALA SEKOLAH (Studi Dinas Pendidikan Bangka Tengah))
20204092019_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kompetensi kewirausahaan kepala sekolah terdengar tabu dan sangat jarang diaplikasikan di dunia pendidikan padahal Permendiknas Nomor 13 Tahun 2007 mengamanatkan lima kompetensi yang wajib dimiliki kepala sekolah salah satunya kompetensi kewirausahaan. Dinas Pendidikan Bangka Tengah meluncurkan terobosan baru melalui program OSOP (One School One Product). Adapun untuk menjadikan program OSOP berjalan optimal maka diperlukan manajemen yang baik mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan dan menganalisis implementasi manajemen dan memahami kontribusi program OSOP dalam peningkatan kompetensi kewirausahaan kepala sekolah di Kabupaten Bangka Tengah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian dilaksanakan selama bulan Januari sampai Agustus 2022 di Dinas Pendidikan Bangka Tengah bersumber pada data primer dan sekunder. Teknik dalam pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan cara mereduksi data, penyajian data, dan pengecekan keabsahan data melalui tringulasi kemudian penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ditemukan bahwa: (1) manajemen program OSOP (One School One Product) yang diterapkan Dinas Pendidikan Bangka Tengah menggunakan empat tahap, pertama, perencanaan program ditetapkan melalui peraturan bupati, mensosialisasikan, menjalin kerjasama antar instansi pemerintah, pendataan, dan planning memasarkan produk. Kedua, pengorganisasian dilaksanakan Bidang Guru dan Tenaga Kependidikan sebagai penanggung jawab, kepala sekolah menjadi penggerak dan guru serta siswa sebagai pendukung program. Ketiga pelaksanaan dengan membentuk tim kewirausahan sekolah, menyusun SOP, meresmikan program, mengadakan pameran, membuat jurnal sekolah, menghadirkan kelas inspirasi, membina dan memberi ruang presentasi melalui kepala sekolah. Keempat, pengawasan program bekerjasama dengan pengawas sekolah, mencantumkan instrumen penilaian pada kinerja kepala sekolah dan mengawasi kegiatan sekolah. (2) kontribusi program OSOP meliputi tumbuh rasa percaya diri kepala sekolah, sekolah punya kekhasan tersendiri, memunculkan produk di ranah pendidikan, kepala sekolah dimudahkan bekerjasama dengan pihak eksternal dan program OSOP menjadi sumber dana sekolah. (3) Faktor penghambat program yaitu terkait izin edar pemasaran, pembiayaan, dan bahan baku yang terbatas. Faktor pendukung meliputi tingginya kemauan kepala sekolah, antusiasme masyarakat dan kerjasama antar instansi pemerintah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Nur Saidah M.Ag
Uncontrolled Keywords: OSOP Program (One School One Product); entrepreneurship competence; school principal
Subjects: Pendidikan > Kepala Sekolah
Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S-2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 27 Feb 2023 11:44
Last Modified: 27 Feb 2023 11:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56638

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum