IMPLEMENTASI METODE BERNYANYI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBAHASA RESEPTIF KELOMPOK A DI TK ABA PAJANGAN SENDANGTIRTO BERBAH YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2021/2022

Destika Ferawati, NIM.: 18104030070 (2022) IMPLEMENTASI METODE BERNYANYI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBAHASA RESEPTIF KELOMPOK A DI TK ABA PAJANGAN SENDANGTIRTO BERBAH YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2021/2022. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI METODE BERNYANYI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBAHASA RESEPTIF KELOMPOK A DI TK ABA PAJANGAN SENDANGTIRTO BERBAH YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2021/2022)
18104030070_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI METODE BERNYANYI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBAHASA RESEPTIF KELOMPOK A DI TK ABA PAJANGAN SENDANGTIRTO BERBAH YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2021/2022)
18104030070_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Metode bernyanyi salah satu metode yang diterapkan oleh guru TK ABA Pajangan dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan bahasa reseptif anak didik. Beberapa anak mengalami hambatan terkait perkembangan bahasa reseptif, seperti: Anak susah memahami perintah yang diberikan, memahami aturan dan kesulitan dalam mengulang kata. Hal ini mempengaruhi sikap anak cenderung pendiam, sulit berinteraksi dengan lingkungan, dan susah menyatakan perasaan. Oleh karena itu, guru harus memiliki strategi yang dapat meningkatkan keterampilan bahasa reseptif anak. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan implementasi metode bernyanyi guna meningkatkan keterampilan berbahasa reseptif, serta untuk mengetahui pengaruh, faktor pendukung dan penghambat perkembangan bahasa reseptif anak didik kelompok A TK ABA Pajangan Sendangtirto Berbah Yogyakarta. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Subyek penelitian satu orang kepala sekolah, satu orang guru, dan lima belas anak didik. Teknik analisis data selama dilapangan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Dan uji keabsahan menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, implementasi metode bernyanyi untuk meningkatkan perkembangan bahasa reseptif memiliki standar pencapaian meliputi bisa mengulang kata, mengenal simbol-simbol dan suara-suara binatang/benda, mampu memahami dan mengungkapkan bahasa, mampu mengekspresikan diri serta memiliki rasa percaya diri. Dari standar capaian ini bisa diukur kemampuan perkembangan bahasa reseptif anak. Kedua, selama pembelajaran implementasi metode bernyanyi anak didik TK ABA Pajangan kelompok A mengalami perkembangan sesuai harapan, memenuhi standar pecapaian diri yang baik. Ketiga, untuk meningkatkan perkembangan bahasa reseptif anak didik TK ABA pajangan kelompok A, ada faktor pendukung yang mempengaruhi: Diri sendiri, media dan model pembelajaran, serta kerjasama antara guru dan orang tua. Adapun faktor penghambat diantaranya keterbatasan kemampuan guru dalam menguasai kesenian, perasaan anak yang mudah berubah, serta kurangnya motivasi dalam diri anak.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Hj. Erni Munastiwi, M.M
Uncontrolled Keywords: metode bernyanyi; anak didik; perkembangan bahasa reseptif
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 27 Feb 2023 12:00
Last Modified: 27 Feb 2023 12:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56639

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum