PENGARUH INTENSITAS MENGAKSES KONTEN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MUBADALAH.ID TERHADAP PERSEPSI PEMBACANYA TENTANG PENTINGNYA PARTISIPASI PEREMPUAN DALAM BIDANG SOSIAL EKONOMI (STUDI PADA PEMBACA MUBADALAH.ID DI JAKARTA)

Alifah Qonitah Imtinan, NIM.: 18102010027 (2023) PENGARUH INTENSITAS MENGAKSES KONTEN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MUBADALAH.ID TERHADAP PERSEPSI PEMBACANYA TENTANG PENTINGNYA PARTISIPASI PEREMPUAN DALAM BIDANG SOSIAL EKONOMI (STUDI PADA PEMBACA MUBADALAH.ID DI JAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH INTENSITAS MENGAKSES KONTEN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MUBADALAH.ID TERHADAP PERSEPSI PEMBACANYA TENTANG PENTINGNYA PARTISIPASI PEREMPUAN DALAM BIDANG SOSIAL EKONOMI (STUDI PADA PEMBACA MUBADALAH.ID DI JAKARTA))
18102010027_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH INTENSITAS MENGAKSES KONTEN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MUBADALAH.ID TERHADAP PERSEPSI PEMBACANYA TENTANG PENTINGNYA PARTISIPASI PEREMPUAN DALAM BIDANG SOSIAL EKONOMI (STUDI PADA PEMBACA MUBADALAH.ID DI JAKARTA))
18102010027_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah persepsi pembaca di Jakarta terhadap pentingnya partisipasi perempuan dalam bidang sosial ekonomi dipengaruhi oleh seberapa sering mereka mengakses konten pemberdayaan perempuan Mubadalah.id. Metode kuantitatif survei digunakan dalam penelitian ini. Peneliti menggunakan prosedur pengambilan sampel probability sampling jenis simple random sampling dengan jumlah sampel 100 responden. Kuesioner tertutup dengan skala likert digunakan untuk mengumpulkan data pada penelitian ini. Teori efek terbatas merupakan teori utama yang digunakan pada penelitian ini. Analisis data statistik parametris dengan analisis regresi linear sederhana dan analisis korelasi product moment Pearson digunakan pada penelitian ini dengan menggunakan bantuan SPSS versi 26. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diketahui bahwa intensitas mengakses konten pemberdayaan perempuan Mubadalah.id mempengaruhi persepsi tentang partisipasi perempuan dalam bidang sosial ekonomi pada pembacanya di Jakarta sebesar 20,8% dengan kategori hubungan cukup dan arah hubungan positif. Hal ini menunjukkan semakin sering pembaca di Jakarta mengakses konten pemberdayaan perempuan Mubadalah.id maka mereka semakin sadar akan pentingnya partisipasi perempuan dalam bidang sosial ekonomi. Hal ini sejalan dengan penelitian sebelumnya yang menjelaskan bahwa persepsi individu dapat dipengaruhi oleh sejauhmana individu membaca informasi yang disertai dengan perhatian dan pemahaman yang tinggi. Teori efek terbatas terbukti pada penelitian ini, karena pengaruh yang diberikan oleh media terhadap persepsi seseorang hanya sebesar 20,8%, sementara 79,2% lainnya adalah pengaruh yang diberikan oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti pada penelitian. Artinya, selain faktor intensitas mengakses, masih banyak faktor lain yang mempengaruhi persepsi tentang pentingnya partisipasi perempuan dalam bidang sosial ekonomi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Abdul Rozak, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Konten Informasi, Pemberdayaan Perempuan, Sosial Ekonomi
Subjects: Ekonomi Masyarakat
Gender
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 27 Feb 2023 14:10
Last Modified: 27 Feb 2023 14:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56641

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum