DAKWAH WILAYATUL HISBAH ACEH BARAT DALAM PRAKTEK PENGAWASAN PELAKSANAAN SYARI’AT ISLAM TERHADAP PELAKU KHALWAT

Jon Santri, NIM.: 18202010012 (2023) DAKWAH WILAYATUL HISBAH ACEH BARAT DALAM PRAKTEK PENGAWASAN PELAKSANAAN SYARI’AT ISLAM TERHADAP PELAKU KHALWAT. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DAKWAH WILAYATUL HISBAH ACEH BARAT DALAM PRAKTEK PENGAWASAN PELAKSANAAN SYARI’AT ISLAM TERHADAP PELAKU KHALWAT)
18202010012_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (DAKWAH WILAYATUL HISBAH ACEH BARAT DALAM PRAKTEK PENGAWASAN PELAKSANAAN SYARI’AT ISLAM TERHADAP PELAKU KHALWAT)
18202010012_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Dakwah merupakan salah satu cara manusia melaksanakan amar ma’ruf nahi munkar seperti yang sudah diperintahkan oleh Allah Swt. dalam al-qur’an. Aktifitas ini sudah dilaksanakan oleh orang-orang terdahulu untuk mengajak dan memperingati manusia agar berada di jalan yang fitrah. Sama halnya dengan aktifitas yang dilaksanakan oleh lembaga Wilayarul Hisbah Aceh Barat dalam melakukan pengawasan dan mengayomi masyarakat yaitu dengan melaksanakan dakwah sesuai dengan konsep yang berlaku. Hal tersebut dilaksanakan guna memperingati masyarakat agar tidak terjerumus ke dalam perbuatan tercela seperti berzina, berkhalwat, berjudi, dan pelanggaran Syari’at Islam lainnya. Meskipun aktifitas dakwah tersebut sudah dilaksanakan secara terus menerus, namun tidak sedikit pula masyarakat terutama kaum remaja yang terjerumus ke dalam pelanggaran Syari’at Islam yaitu khalwat. Hal ini yang membuat penulis tertarik untuk mengetahui lebih jauh bagaimana konsep dakwah yang diterapkan oleh lembaga Wilayatul Hisbah Aceh Barat dalam praktek pengawasan pelaksanaan Syari’at Islam terhadap pelaku khalwat. Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif yang menekankan manusia sebagai instrumen penelitian dan menerapkan metode observasi dan interview untuk dapat mengungkapkan nuansa yang mengarahkan pada laporan kasus. Penentuan subjek menggunakan purposive sampling dan teknik pengumulan data yang dilakukan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian yang sudah dilaksanakan menunjukkan bahwa konsep dakwah yang diterapkan oleh lembaga Wilayatul Hisbah Aceh Barat cenderung kepada dakwah persuasif dengan menekankan pelaku yang melanggar Syari’at Islam agar mematuhi aturan-aturan yang sudah ditetapkan dalam Qanun Aceh tentang pelaksanaan Syari’at Islam. Hal tersebut bisa dibuktikan dengan adanya konsekuensi yang berupa hukuman yang diberikan terhadap masyarakat yang melanggar tata tertib aturan Syari’at Islam. Di samping itu konsekuensi atau hukuman yang sudah diterapkan tersebut juga menjadi salah satu cara Wilayatul Hisbah menjaga konsistensi pelaku khalwat agar tidak melaksanakan pelanggaran yang sama kedua kalinya ataupun pelanggaran Syari’at Islam lainnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Irsyadunnas, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Dakwah, Wilayatul Hisbah, Syari’at Islam
Subjects: Komunikasi Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam (S-2)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 27 Feb 2023 14:24
Last Modified: 27 Feb 2023 14:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56644

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum