IMPLEMENTASI PELAYANAN UMRAH MASA PANDEMI COVID-19 DI PT. AROFAHMINA CABANG TULUNGAGUNG TAHUN 2022

Febbi Liurensi, NIM.: 19102040106 (2023) IMPLEMENTASI PELAYANAN UMRAH MASA PANDEMI COVID-19 DI PT. AROFAHMINA CABANG TULUNGAGUNG TAHUN 2022. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PELAYANAN UMRAH MASA PANDEMI COVID-19 DI PT. AROFAHMINA CABANG TULUNGAGUNG TAHUN 2022)
19102040106_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PELAYANAN UMRAH MASA PANDEMI COVID-19 DI PT. AROFAHMINA CABANG TULUNGAGUNG TAHUN 2022)
19102040106_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pandemi Covid-19 yang mewabah hingga ke penjuru dunia membuat kegiatan yang biasanya bisa dilakukan dengan leluasa menjadi terhambat. Hal ini berpengaruh pada penyelenggaraan ibadah umrah. Kasus Covid-19 yang terus melonjak membuat pemerintah Arab Saudi menutup akses masuk ke negaranya sehingga ibadah umrah tidak bisa dijalankan seperti biasanya. Kebijakan pemerintah Arab Saudi yang belum memberi kepastian kapan ibadah umrah boleh dilaksanakan kembali membuat perusahaan umrah banyak yang mengalami kerugian. Kondisi ini membuat sebuah perusahaan umrah harus beradaptasi mengenai keadaan yang ada selain itu juga menurunnya jumlah jemaah yang mendaftar pada sebuah perusahaan umrah menjadi masalah yang harus diselesaikan oleh masing-masing perusahaan. Dalam penelitian ini penulis akan memaparkan mengenai pelayanan yang dikaitkan dengan Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia (PMA RI) dimana di dalamnya terdapat acuan bagi sebuah perusahaan dalam memberikan pelayanan kepada jemaah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi pelayanan umrah masa pandemi Covid-19 di PT. Arofahmina Cabang Tulungagung. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif dan merupakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun metode analisis data yang digunakan adalah analisis data model Miles dan Huberman yaitu pengumupulan data, reduksi data, display data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa PT. Arofahmina Cabang Tulungagung sudah menerapkan atau menjalankan rencana untuk mencapai tujuan perusahaan dengan baik. Berkomitmen untuk tetap buka dimasa pandemi Covid-19 dengan memberikan pelayanan secara online dan offline agar konsumen tidak merasa ragu, membuka program tabungan umrah, dan menjamin semua jemaahnya bisa berangkat setelah pemerintah Arab Saudi telah mengizinkan ibadah umrah boleh dilaksanakan kembali. Dalam memberikan pelayanan umrah PT. Arofahmina telah mengacu pada PMA RI yang meliputi pelayanan administrasi, pelayanan bimbingan ibadah, pelayanan transportasi, pelayanan akomodasi, dan pelayanan konsumsi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Siti Fatimah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Umrah, Pandemi Covid-19, PMA RI Nomor 5 Tahun 2021
Subjects: Covid-19
Manajemen > Manajemen Haji
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 27 Feb 2023 14:52
Last Modified: 27 Feb 2023 14:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56647

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum