PENGGUNAAN MULTIMEDIA BERBASIS KOMPUTER PADA PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA ARAB DI MTS NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA

NG AINUL HUDA NIM. 04420951 - , (2011) PENGGUNAAN MULTIMEDIA BERBASIS KOMPUTER PADA PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA ARAB DI MTS NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENGGUNAAN MULTIMEDIA BERBASIS KOMPUTER PADA PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA ARAB DI MTS NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (871kB) | Preview
[img] Text (PENGGUNAAN MULTIMEDIA BERBASIS KOMPUTER PADA PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA ARAB DI MTS NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan penggunaan multimedia berbasis komputer pada pembelajaran kosakata bahasa, tanggapan siswa terhadap penggunaan multimedia berbasis komputer dan faktor pendukung serta faktor penghambat dalam penggunaan multimedia berbasis komputer tersebut di Madrasah Tsanawiyah Nurul Ummah kotagede. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat memberikan sumbangan pengetahuan kepada para pendidik, terutama guru Bahasa Arab, tentang pentingnya penggunaan multimedia berbasis komputer dalam menunjang belajar siswa di kelas. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah guru bahasa Arab kelas IX, seluruh siswa kelas sembilan, Kepala Madrasah Tsanawiyah Nurul Ummah dengan menggunakan teknik purpose sampling (sampel bertujuan). Data diperoleh dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah teknik analisis data kualitatif dengan metode deduktif dan induktif . Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan penggunaan multimedia berbasis komputer dilakukan dengan memanfaatkan video pembelajaran bahasa Arab, ditayangkan LCD Proyektor melalui yang dikoneksikan dengan laptop. Dalam kegiatan pembelajaran yang menggunakan multimedia berbasis komputer ini, guru telah melaksanakan tahapan prosedural pembelajaran, baik pada tahap pra instruksional, tahap instruksional, maupun tahap evaluasi dan tindak lanjut. Metode pembelajaran yang diterapkan guru adalah metode electic (al-thariqah al-intiqaiyah) yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi pembelajaran di dalam kelas. Penggunaan multimedia berbasis komputer pada pembelajaran kosakata bahasa Arab telah berlangsung cukup efektif dan efisien dengan indikator guru mampu membangkitkan minat belajar siswa dan mampu mencapai tujuan yang telah ditetapkan dalam pembelajaran. (2) Tanggapan siswa terhadap penggunaan multimedia berbasis komputer pada pembelajaran kosakata bahasa arab sangat baik, siswa bersemangat dan merasa lebih mudah menyerap materi pelajaran yang diajarkan. (3) Faktor-faktor yang mendukung penggunaan multimedia berbasis komputer diantaranya adalah adanya kompetensi dan kesadaran guru bahasa Arab untuk menggunakan media pembelajaran, siswa yang seluruhnya merupakan santri Pondok Pesantren Nurul Ummah, dan dukungan dari pihak Madrasah Tsanawiyah Nurul Ummah. Sedangkan faktor-faktor yang menjadi kendala adalah kurangnya bahan ajar berbentuk multimedia berbasis komputer, ketidakmampuan guru menyusun bahan ajar sendiri, intensitas penggunaan multimedia berbasis komputer yang belum teratur dan keterbatasan fasilitas penunjang penggunaan multimedia berbasis komputer.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: DR. Maksudin M.Ag
Uncontrolled Keywords: Multimedia
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 04 Jan 2013 17:19
Last Modified: 05 Apr 2017 14:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5668

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum