Pengaruh Game Mobile Legends: Bang Bang terhadap Religiusitas Mahasiswa S1 (Studi Komunitas Mobile Legends di Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)

Dimas Bahrun Anugrah, NIM.: 17105010048 (2022) Pengaruh Game Mobile Legends: Bang Bang terhadap Religiusitas Mahasiswa S1 (Studi Komunitas Mobile Legends di Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Pengaruh Game Mobile Legends: Bang Bang terhadap Religiusitas Mahasiswa S1 (Studi Komunitas Mobile Legends di Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta))
17105010048_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (Pengaruh Game Mobile Legends: Bang Bang terhadap Religiusitas Mahasiswa S1 (Studi Komunitas Mobile Legends di Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta))
17105010048_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini meneliti tentang analisis terhadap pengaruh game online terhadap religiusitas mahasiswa dalam persepsi komunitas mobile legends di Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam UIN Sunan Kalijaga Yogykarta. Penelitian ini ditulis karena banyaknya pemain mobile legends di Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Kalijaga. Dengan banyaknya fenomena tersebut, akan memengaruhi beberapa perilaku gamer mahasiswa seperti dalam hal religiusitas. Berdasarkan latar belakang tersebut peneliti menemukan rumusan masalah, yaitu seberapa signifikan pengaruh mobile legends terhadap religiusitas dan analisis tasawuf mengenai fenomena tersebut. Penelitian ini memakai metode penelitian kuantitatif dan sumber data berasal dari kuisioner yang diisi oleh responden dan beberapa literatur. Untuk menjelaskan permasalahan dalam rumusan masalah, peneliti menggunakan teori tingkatan dalam tasawuf akhlaki yaitu takhalli, tahalli, dan tajalli. Teori tersebut berbicara mengenai perilaku muslim baik dalam hal sosial maupun ibadah. Setiap keburukan yang ditimbulkan oleh segala hal dapat diredam dalam proses takhalli lalu akan diganti dengan perilaku-perilaku mulia dimana pengisiannya dilakukan dalam proses tahalli. Sementara untuk mencapai tingkatan tajalli sendiri masih harus melalui proses yang sulit dan harus konsisten dalam menjalankan perbuatan-perbuatan mulia. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan oleh peneliti bahwa pengaruh mobile legends terhadap religiusitas cukup signifikan, dilihat dari pertanyaan penelitian yang berisi mengenai dampak negatif yang ditimbulkan. Perilaku negatif tersebut termasuk kedalam akhlak yang buruk, dimana hal tersebut harus dihilangkan. Melalui proses takhalli akan dijauhkan dari berbagai perilaku negatif melalui amalan-amalan yang telah ditentukan. Lalu dengan bertahalli mahasiswa akan berperilaku lebih baik dan akan membawa dapampak yang positif ketika bermain mobile legends. Dengan hal tersebut akan menciptakan komunitas mobile legends yang positif kedepannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Rizal Al Hamid, M.Si.
Uncontrolled Keywords: religiusitas; mobile legends
Subjects: Aqidah Filsafat
UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta > Aqidah Filsafat
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Aqidah dan Filsafat Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 28 Feb 2023 09:46
Last Modified: 28 Feb 2023 09:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56691

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum