PRAKTEK TASAWUF PADA AMALIAH CEPEDI (Studi Kasus Terhadap Amaliah Perguruan Pencak Silat Cepedi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)

Bayu Pramono, NIM.: 18105010082 (2022) PRAKTEK TASAWUF PADA AMALIAH CEPEDI (Studi Kasus Terhadap Amaliah Perguruan Pencak Silat Cepedi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PRAKTEK TASAWUF PADA AMALIAH CEPEDI (Studi Kasus Terhadap Amaliah Perguruan Pencak Silat Cepedi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta))
18105010082_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PRAKTEK TASAWUF PADA AMALIAH CEPEDI (Studi Kasus Terhadap Amaliah Perguruan Pencak Silat Cepedi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta))
18105010082_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Setiap perguruan pencak silat memiliki ragam budaya dan tradisi yang khas. Selain kekuatan fisik di dalamnya juga terdapat aspek spiritual. Aspek spiritual ini penting untuk mendukung terbentuknya pribadi yang luhur dan memiliki budi pekerti yang baik. UKM PPS CEPEDI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta menjadi perguruan beladiri silat yang mengedepankan aspek spiritual, dengan semboyannya yaitu “Dakwah Bil Pencak Silat”. Salah satu kegiatan yang menunjang praktek dakwah adalah Amaliyah Cepedi. Amaliyah Cepedi memiliki keterkaitan dengan konsep tasawuf, lebih spesifiknya pada ajaran tasawuf akhlaki. Dengan demikian, penulis merumuskan dua persoalan yaitu: Bagaimana pelaksanaan Amaliyah Cepedi pada UKM PPS CEPEDI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan Bagaimana hubungan antara Tasawuf akhlaki dengan Amaliyah Cepedi pada UKM PPS CEPEDI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Metode yang peneliti gunakan yaitu, penentuan lokasi yang akan diteliti, pengumpulan data dengan cara; observasi untuk melihat dan mengamati fakta-fakta di lapangan, wawancara pada pelatih, atlet, alumni UKM PPS CEPEDI dan pendokumentasian. Setelah data terkumpul, penulis menganalisa dengan metode pendekatan tasawuf akhlaki. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pertama, praktek Amaliyah pada UKM PPS CEPEDI ada empat yaitu amaliyah harian, mingguan bulanan dan tahunan. Dalam prakteknya Amaliyah Cepedi melatih anggotanya untuk mengamalkan sunnah Nabi Saw, seperti sholat wajib berjamaah, sholat sunnah ba’diah dan tasbih, dzikir, membaca Al-Quran, dan sholawat. Kedua, hubungan antara Tasawuf Akhlaki dan Amaliyah Cepedi adalah pada ajaran tingkatan Tasawuf Akhlaki, yaitu Takhalli (pembersihan diri), Tahalli (pengisian dengan akhlak mulia) dan Tajalli (Tersingkapnya Cahaya Ketuhanan).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Rizal Al Hamid, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Panca Prasetya; prestasi; amaliyah; Ukm Cepedi; Tasawuf Akhlaki
Subjects: Agama Dan Filsafat
TASAWUF
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Aqidah dan Filsafat Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 28 Feb 2023 11:40
Last Modified: 28 Feb 2023 11:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56709

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum