GAYA KEPEMIMPINAN PEREMPUAN UNTUK MENDAPATKAN KADER PEMIMPIN BERKUALITAS DI MADRASAH MU’ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

Ayu Rakhmah Nur Ansori, NIM.: 18107020053 (2023) GAYA KEPEMIMPINAN PEREMPUAN UNTUK MENDAPATKAN KADER PEMIMPIN BERKUALITAS DI MADRASAH MU’ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (GAYA KEPEMIMPINAN PEREMPUAN UNTUK MENDAPATKAN KADER PEMIMPIN BERKUALITAS DI MADRASAH MU’ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA)
18107020053_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (GAYA KEPEMIMPINAN PEREMPUAN UNTUK MENDAPATKAN KADER PEMIMPIN BERKUALITAS DI MADRASAH MU’ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA)
18107020053_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Hakikatnya, kepemimpinan tidak dilihat melalui gender, namun melalui kemampuan dan capaian setiap orang. Kepemimpinan perempuan yang masih dianggap sepele oleh kebanyakan masyarakat di Indonesia, akhirnya membuat kebanyakan perempuan di Indonesia satu persatu menunjukkan gaya kepemimpinannya dan kemampuannya dalam memimpin. Menghadapi permasalahan tersebut pada akhirnya Muhammadiyah membangun sekolah khusus perempuan dengan tujuan mencetak kader pemimpin perempuan yang berkualitas serta sebagai institusi pendidikan yang berada langsung di bawah Pimpinan Pusat Muhammadiyah berharap agar seluruh alumni mampu menjadi kader pemimpin berkualitas yang hadir membersamai masyarakat sebagai ulama, pemimpin, pendidik, pembawa misi gerakan Muhammadiyah Putri Islam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gaya kepemimpinan perempuan untuk mendapatkan kader pemimpin berkualitas di Madrasah Mu‟allimaat Muhammadiyah Yogyakarta. Selain itu juga, penelitian ini juga bertujuan untuk menjelaskan bagaimana strategi Madrasah Mu‟allimaat Muhammadiyah Yogyakarta dalam mendapatkan kader pemimpin yang berkualitas. Penelitian ini menggunakan teori otoritas yang dicetuskan oleh Max Weber. Hasil dari penelitian ini adalah, gaya kepemimpinan yang digunakan oleh Madrasah Mu‟allimaat Muhammadiyah Yogyakarta untuk mendapatkan kader pemimpin yang berkualitas yaitu gaya kepemimpinan demokratis dengan menggunakan teori otoritas legal-rasional milik Max Weber. Selain itu juga, ditemukan bahwa Madrasah Mu‟allimaat Muhammadiyah Yogyakarta memiliki tujuh strategi dalam mendapatkan kader pemimpin berkualitas dengan gaya kepemimpinan yang demokratis, Madrasah Mu‟allimaat Muhammadiyah Yogyakarta berhasil mencetak banyak kader pemimpin putri yang berkualitas dan tersebar ke seluruh penjuru Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Napsiah, S.Sos., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Perempuan, Gaya Kepemimpinan, Kepemimpinan Demokratis
Subjects: Gender
Kepemimpinan Dalam Islam
Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 28 Feb 2023 14:32
Last Modified: 28 Feb 2023 14:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56722

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum