MENGALAMI DAN MEMAKNAI MUSEUM: STUDI FENOMENOLOGIS GENERASI MUDA BERKUNJUNG KE MUSEUM DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Aulia Rachma Diah, NIM.: 18107020067 (2023) MENGALAMI DAN MEMAKNAI MUSEUM: STUDI FENOMENOLOGIS GENERASI MUDA BERKUNJUNG KE MUSEUM DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MENGALAMI DAN MEMAKNAI MUSEUM: STUDI FENOMENOLOGIS GENERASI MUDA BERKUNJUNG KE MUSEUM DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
18107020067_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (MENGALAMI DAN MEMAKNAI MUSEUM: STUDI FENOMENOLOGIS GENERASI MUDA BERKUNJUNG KE MUSEUM DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
18107020067_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Museum yang dikenal sebagai tempat yang kuno dan statis, kini mampu menjadi ruang terbuka bagi masyarakat, khususnya generasi muda di Daerah Istimewa Yogyakarta. Terlihat adanya pergeseran fungsi museum yang tidak hanya menyimpan koleksi saja, namun telah menjadi sarana edukasi, rekreasi dan kegiatan bagi masyarakat. Para generasi muda memanfaatkan fungsi tersebut dengan melakukan kunjungan dan kegiatan di museum. Dari fenomena yang terjadi memunculkan suatu pertanyaan tentang alasan generasi muda mengunjung museum di DIY. Keterkaitan antara generasi muda dengan motifnya berkunjung ke museum perlu digali secara mendalam. Tujuan penelitian ini untuk memetakan alasan atau motif generasi muda mengunjungi museum dan menganalisis makna museum bagi generasi muda. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi yang mengedepankan pengalaman informan dan mengungkap makna pada suatu fenomena yang sedang diteliti. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumen atau arsip. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa makna museum bagi generasi muda di DIY yaitu museum menjadi tempat wisata, sarana edukasi dan refreshing yang murah, arsitektur unik, tempat merawat koleksi kuno dan bersejarah, serta nostalgia bagi generasi muda di DIY. Dan terdapat pemetaan dua motif yang meliputi motif sebab dan motif tujuan. Motif sebab terdiri dari tiga kategori yaitu menggali informasi koleksi museum, membuktikan stigma tentang museum yang beredar di masyarakat, serta museum memiliki keaslian koleksi dan suasana menenangkan. Sedangkan motif tujuan meliputi alasan karena ke museum mencari spot foto menarik untuk kebutuhan konten di media sosial, museum sebagai objek penelitian tugas dan lomba, serta museum sebagai sarana meningkatkan relasi, softskills, dan potensi diri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Ambar Sari Dewi, S.Sos., M.Si., Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Fenomenologi Alfred Schutz, Museum, Generasi Muda
Subjects: Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 28 Feb 2023 14:36
Last Modified: 28 Feb 2023 14:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56723

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum