PENGARUH METODE MIM-MEM (MIMICRY-MEMORIZATION) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MAHARAH KALAM KELAS VIII MTs PLUS AL FATH KLATEN TAHUN AJARAN 2021/2022

Kresna Setyawan, NIM.: 16420035 (2022) PENGARUH METODE MIM-MEM (MIMICRY-MEMORIZATION) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MAHARAH KALAM KELAS VIII MTs PLUS AL FATH KLATEN TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH METODE MIM-MEM (MIMICRY-MEMORIZATION) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MAHARAH KALAM KELAS VIII MTs PLUS AL FATH KLATEN TAHUN AJARAN 2021/2022)
16420035_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH METODE MIM-MEM (MIMICRY-MEMORIZATION) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MAHARAH KALAM KELAS VIII MTs PLUS AL FATH KLATEN TAHUN AJARAN 2021/2022)
16420035_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan pada peserta didik antara kelas eksperimen yang menggunakan metode mim-mem (Mimicry-Memorization) dalam pembelajaran bahasa Arab dan kelas control yang tanpa menggunakan metode mim-mem (Mimicry-Memorization). Objek penelitian ini adalah peserta didik kelas Kelas VIII Mts Plus Al Fath Klaten. Dengan jumlah sampel sebanyak 20 orang untuk kelas eksperimen dan 20 orang untuk kelas kontrol. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode eksperimen. Adapun metode yang digunakan dalam pengambilan data adalah tes, wawancara, observasi, dokumentasi. Data dianalisis menggunakan uji independet sample t test dengan bantuan SPSS 23, setelah melalui uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukkan uji T Post-test antara kelas eksperimen dengan kontrol diperoleh nilai tobservasi > ttabel (disetujui) atau 16,073 > 13,938 pada taraf signifikan 5%. Sehingga dapat dinyatakan bahawa terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dan dari data yang diperoleh di ketahui bahwa signifinasi (Sig 2-taild) sebesar 0.000 dimana angka tersebut kurang dari 0,05 maka Ha diterima dan Ho di tolak. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran Mimicry Memorization efektif untuk meningkatakan kemampuan maharah al kalam siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Agung Setiyawan, S.Pd.I., M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Mim-Mem (Mimicry-Memorization), Pembelajaran Bahasa Arab, Maharah Kalam
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 07 Mar 2023 07:55
Last Modified: 07 Mar 2023 07:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56727

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum