NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM NOVEL “MERDEKA SEJAK HATI” KARYA AHMAD FUADI DAN RELEVANSINNYA DENGAN PENDIDIKAN MASA KINI

Septi Naningsih, NIM.: 17104010002 (2023) NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM NOVEL “MERDEKA SEJAK HATI” KARYA AHMAD FUADI DAN RELEVANSINNYA DENGAN PENDIDIKAN MASA KINI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM NOVEL “MERDEKA SEJAK HATI” KARYA AHMAD FUADI DAN RELEVANSINNYA DENGAN PENDIDIKAN MASA KINI)
17104010002_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM NOVEL “MERDEKA SEJAK HATI” KARYA AHMAD FUADI DAN RELEVANSINNYA DENGAN PENDIDIKAN MASA KINI)
17104010002_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pendidikan akhlak, sedang menghadapi banyak tantangan makin serius di era global saat ini. Kemajuan teknologi komunikasi dan informasi yang memang dapat diakses bebas oleh masyarakat misalnya, justru memperparah keadaan keterpurukan moral masyarakat. Terkait dengan itu, aspek pendidikan akhlak menempati urutan yang sangat di utamakan dalam pendidikan, bahkan harus menjadi tujuan prioritas yang harus di capai. Hal ini karena dalam dinamika kehidupan, akhlak merupakan mutiara hidup yang dapat membedakan manusia dengan makhluk Allah yang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan akhlak dalam Novel Merdeka Sejak Hati karya Ahmad Fuadi apa saja dan relevansinya pada pendidikan masa kini. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research). Sedangkan untuk pendekatannya, penelitian ini menggunakan pendekatan hermeneutik atau dapat juga didefinisikan sebagai kegiatan menafsirkan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi (content analisys). Berdasarkan penelitian yang telah di lakukan, hasil yang di peroleh yakni: Novel Merdeka Sejak Hati karya Ahmad Fuadi mengandung nilai-nilai pendidikan akhlak. Nilai-nilai pendidikan akhlak dalam novel Merdeka Sejak Hati karya Ahmad Fuadi digambarkan melalui perilaku para tokoh yang berperan di dalam novel tersebut. Dari hasil analisis yang dilakukan peneliti dapat disimpulkan bahwa nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam novel Merdeka Sejak Hati karya Ahmad Fuadi: 1) nilai-nilai pendidikan akhlak terhadap Allah subhanahu wataala yang terdiri dari: tawakal, ikhlas, takwa, dan taubat. 2) nilai-nilai pendidikan akhlak terhadap makhluk yang terdiri dari: akhlak terhadap orang tua, tetangga, masyarakat, keluarga, dan diri sendiri. Sedangkan nilai-nilai pendidikan akhlak dalam novel Merdeka Sejak Hati relevan dengan pendidikan masa kini yang meliputi: nilai religius, jujur, peduli sosial, cinta damai, kerja keras, menghormati keragaman budaya suku dan agama, toleransi, cinta tanah air, kreatif, menghargai prestasi, bersahabat, semangat kebangsaan, disiplin, dan tanggung jawab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Akhmad Sholeh, S.Ag., M.Si
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Akhlak, Novel Merdeka Sejak Hati, Ahmad Fuadi
Subjects: Akhlak - Etika
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 01 Mar 2023 09:15
Last Modified: 01 Mar 2023 09:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56732

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum