PERAN KIAI KAMPOENG DALAM MEMBANGUN BINA DAMAI (Studi Analisis Kiai Kampoeng di Desa Panagan Kecamatan Gapura Kabupaten Sumenep)

Ainur Khalis, NIM.: 18105020018 (2022) PERAN KIAI KAMPOENG DALAM MEMBANGUN BINA DAMAI (Studi Analisis Kiai Kampoeng di Desa Panagan Kecamatan Gapura Kabupaten Sumenep). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN KIAI KAMPOENG DALAM MEMBANGUN BINA DAMAI (Studi Analisis Kiai Kampoeng di Desa Panagan Kecamatan Gapura Kabupaten Sumenep))
18105020018_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PERAN KIAI KAMPOENG DALAM MEMBANGUN BINA DAMAI (Studi Analisis Kiai Kampoeng di Desa Panagan Kecamatan Gapura Kabupaten Sumenep))
18105020018_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kiai Kampoeng merupakan komponen keagamaan yang paling berperan dalam membangun Binadamai di Desa Panagan Kecamatan Gapura Kabupaten Sumenep. Kehidupan kiai akan sangat erat sekali hubungannya dengan berbagai aspek kehidupan dimasyarakat, salah satunya yang penting adalah mengenai pengembangan budaya islam dimasyarakat. Peran dan pengaruh kiai Kampoeng dalam membangun binadamai juga menjadi patokan besarnya sumbangsih kiai Kampoeng dalam kehidupan masyarakat. Membangun binadamai menjadi sebuah hal yang sangat penting dalam kerukukan, oleh sebat itu peran dan pengaruh kiai Kampoeng untuk menyatukan masyarakat agar tidak ada perbedaan yang membuat perpecahan Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Fiel research) dengan beberapa rumusan masalah yakni Bagaimana pengaruh kiai Kampoeng dalam bina damai di Desa Panagan kecamatan Gapura Kabupaten Sumenep serta Mengapa peran kiai Kampoeng berpengaruh besar dalam membangun bina damai. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pemerolehan sumber data dari data primer (secara langsung) data tersebut merupakan hasil dari field research (penelitian lapangan) serta kajian literature lainnya yang relevan dengan permasalahan yang diteliti. Adapun metode pengumpulan data yaitu dengan interview, observasi dan dokumentasi. Sedangkan pendekatan yang peneliti gunakan adalah dengan menggunakan pendekatan sosiologi serta pisau analisis teori dari Max Weber tentang Karismatik. Dan juga analisis konflik yang bertujuan untuk menggambarkan fenomena atau keadaan dalam kehidupan masyarakat di Desa Panagan Kecamatan Gapura Kabupaten Sumenep. Hasil penelitian ini yaitu, menemukan dua hal berikut ini : pertama, kiai Kampoeng membangun peran sosialnya pada aspek-aspek sosial keagamaan. pada aspek ini, kiai Kampoeng memerankan diri sebagai orang tau masyarakat yang membina kehidupan sosial harmoni sesuai dengan tuntutan norma keagamaan, hal ini tanpa pengeloaan perbedaan madzhab (Syi’ah, Sunni), konflik personal, keluarga maupun tindakan-tindakan patologi masyarakat. Kedua, Kiai memiliki pengerauh dan peran yang kuat dalam masyarakat, selain karena kiai Kampoeng hidup dalam ruang kultur agraris yang komunal, juga di topang oleh pengetahuan keagamaan, nasab dan Geniologi keilmuan kiai Kampoeng yang tersambung dengan sanad keilmuan pesantren tertentu yang di hormati di Madura.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Siti Khodijah Nurul Aula, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Kiai Kampoeng; Bina Damai; Desa Panagan
Subjects: Studi Agama Agama
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren > Kyai - Ustadz - Guru
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Studi Agama Agama (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 01 Mar 2023 08:58
Last Modified: 01 Mar 2023 08:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56740

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum