STUDI KOMPARASI ANTARA KITAB AL-AJRUMIYYAH DAN KITAB AMSILATI (ANALISIS GRADASI MATERI NAHWU)

Milla Zulfatul ‘Aufa, NIM.: 18104020025 (2023) STUDI KOMPARASI ANTARA KITAB AL-AJRUMIYYAH DAN KITAB AMSILATI (ANALISIS GRADASI MATERI NAHWU). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STUDI KOMPARASI ANTARA KITAB AL-AJRUMIYYAH DAN KITAB AMSILATI (ANALISIS GRADASI MATERI NAHWU))
18104020025_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (STUDI KOMPARASI ANTARA KITAB AL-AJRUMIYYAH DAN KITAB AMSILATI (ANALISIS GRADASI MATERI NAHWU))
18104020025_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya buku teks yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab, khususnya ilmu naḥwu. Akan tetapi para pengajar masih sangat perlu untuk memahami terkait dengan gradasi, karena akan memberikan implikasi yang sangat signifikan terhadap proses pembelajaran dan pemahaman peserta didik terkait materi yang akan dipelajari, juga karena berbedanya model penyusunan yang terdapat pada kitab Al-Ājrūmiyyah dan kitab Amṡilatī. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Gradasi Materi dalam kitab AlĀjrūmiyyah dan kitab Amṡilatī serta mengetahui persamaan dan perbedaan Gradasi Materi dalam kedua kitab tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian studi kepustakaan atau library research. Sifat penelitian ini adalah deskriptif-komparatif. Sumber data pada penelitian ini adalah kitab Al-Ājrūmiyyah dan kitab Amṡilatī. Penelitian ini mengkaji analisis metodologi pembelajaran Naḥwu dari kitab Al-Ājrūmiyyah dan kitab Amṡilatī, dengan metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, dan menggunakana content analysis dalam teknik analisis datanya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1). Kitab Al-Ājrūmiyyah dari segi dasar penyusunan gradasi mengurutkan isi berdasarkan tujuan khusus literal membaca, dari jenis gradasinya menggunakan gradasi lurus, dan dari segi kebahasaannya menggunakan gradasi gramatis. Kitab ini disusun dimulai dari pembahasan yang sederhana ke yang rumit, dari yang umum ke khusus, ringkas ke yang panjang, dan dimulai dengan pola yang memiliki frekuensi keterjadian bobot fungsional paling tinggi. 2). Kitab Amṡilatī dari segi dasar penyusunan gradasi berdasarkan tujuan khusus literal membaca dan menulis, jenis gradasi secara umum menggunakan gradasi lurus, meskipun beberapa subbab menggunakan gradasi putar, dan dari jenis kebahasaannya menggunakan gradasi gramatis. Disusun dimulai dari yang sederhana ke yang rumit, dari yang umum ke yang khusus, dimulai dengan pola yang memiliki keterjadian bobot fungsional tinggi, dan yang ringkas ke yang panjang. 3). Komparasi dari kedua kitab ini menunjukkan bahwa keduanya sama diperuntukkan untuk tingkat pemula, dari segi kebahasaan samasama diurutkan menggunakan gradasi gramatis, mendahulukan pokok bahasan yang memiliki frekuensi keterjadian dan bobot fungsional yang paling tinggi. Pola penyususunan kedua kitab ini dimulai dari yang umum ke yang khusus, dari yang ringkas ke yang panjang. Sedangakan perbedaan kedua kitab tersebut dapat dilihat dari segi tujuan, kitab Al-Ājrūmiyyah dibuat berdasarkan tujuan khusus literal membaca, sedangkan kitab Amṡilatī berdasarkan tujuan khusus literal membaca dan menulis. Dari segi jenis gradasi, kitab Al-Ājrūmiyyah menggunakan gradasi lurus, sedangkan kitab Amṡilatī umumnya menggunakan gradasi lurus dan beberapa subbab menggunakan gradasi putar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Agung Setiyawan, S.Pd.I., M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Al-Ajrumiyyah, Amsilati, Gradasi
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 01 Mar 2023 09:58
Last Modified: 01 Mar 2023 09:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56744

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum