PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GOOGLE SITES PADA MATERI ELEKTROKIMIA BERBASIS MULTI LEVEL REPRESENTASI

Iis Elia Marifah, NIM.: 18106070013 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GOOGLE SITES PADA MATERI ELEKTROKIMIA BERBASIS MULTI LEVEL REPRESENTASI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GOOGLE SITES PADA MATERI ELEKTROKIMIA BERBASIS MULTI LEVEL REPRESENTASI)
18106070013_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GOOGLE SITES PADA MATERI ELEKTROKIMIA BERBASIS MULTI LEVEL REPRESENTASI)
18106070013_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pandemi Covid-19 menyebabkan pemerintah mengubah sistem pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran daring. Beberapa kendala dialami peserta didik dalam proses pembelajaran seperti kesulitan memahami materi serta kesulitan mengakses media pembelajaran. Salah satu solusi nya yaitu dengan penggunaan media pembelajaran berbasis website. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis website berupa google sites pada materi elektrokimia berbasis multi level representasi dan mengetahui kualitas media yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan 4-D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Namun, penelitian ini hanya dibatasi sampai tahap develop saja. Produk berupa media pembelajaran berbasis google sites yang memuat penjelasan materi elektrokimia secara multi level representasi. Produk dinilai oleh satu ahli media, satu ahli materi, dan tiga reviewer (guru kimia SMA). Hasil penilaian kualitas produk oleh ahli media mendapatkan persentase 90% dengan kategori Sangat Baik, ahli materi mendapatkan persentase 90% dengan kategori Sangat Baik, dan reviewer mendapatkan persentase 92,67% dengan kategori Sangat Baik. Video mendapatkan respon positif oleh siswa dengan persentase sebesar 98,75%. Berdasarkan hasil penilaian kualitas dari ahli media, ahli materi, reviewer serta respon siswa dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis google sites yang dikembangkan dapat dijadikan media alternatif dalam pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Laili Nailul Muna, M.Sc
Uncontrolled Keywords: Google Sites, Multi Level Representasi, Elektrokimia
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 01 Mar 2023 11:49
Last Modified: 01 Mar 2023 11:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56757

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum