MODERASI BERAGAMA DALAM AL-QUR’AN: STUDI ANALISIS PENAFSIRAN WAHBAH AZ-ZUHAILI DALAM KITAB TAFSIR AL-MUNIR ATAS Q.S. AL-BAQARAH [2]: 143

Ahmad Harish Maulana, NIM.: 18105030070 (2022) MODERASI BERAGAMA DALAM AL-QUR’AN: STUDI ANALISIS PENAFSIRAN WAHBAH AZ-ZUHAILI DALAM KITAB TAFSIR AL-MUNIR ATAS Q.S. AL-BAQARAH [2]: 143. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MODERASI BERAGAMA DALAM AL-QUR’AN: STUDI ANALISIS PENAFSIRAN WAHBAH AZ-ZUHAILI DALAM KITAB TAFSIR AL-MUNIR ATAS Q.S. AL-BAQARAH [2]: 143)
18105030070_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (770kB) | Preview
[img] Text (MODERASI BERAGAMA DALAM AL-QUR’AN: STUDI ANALISIS PENAFSIRAN WAHBAH AZ-ZUHAILI DALAM KITAB TAFSIR AL-MUNIR ATAS Q.S. AL-BAQARAH [2]: 143)
18105030070_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (587kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini diangkat dengan judul Moderasi Beragama Dalam Al-Qur’an: Studi Analisis Penafsiran Wahbah Az-Zuhaili> Dalam Kitab Tafsir Al-Munir Atas Q.S. Al-Baqarah [2]: 143.. Penelitian ini diambil atas latar belakang bahwa penulis melihat situasi problematika umat Islam belakangan yang cenderung terjun pada salah satu dari dua sikap pinggir, yakni ekstremisme atau jika tidak liberalisme. Kedua sikap tersebut tentu bukanlah cermin dari wasat{iyyah yang menjadi karakter fitrah Islam sendiri sesuai dengan gambaran Al-Qur’an. Fokus kajian pada penelitian ini adalah penafsiran Wahbah Az-Zuhaili> atas Q.S. Al-Baqarah [2]: 143 yang tertuang dalam kitab tafsir Al-Munir, sebagai jalan untuk mengetahui wajah moderasi beragama perspektif Wahbah Az-Zuhaili>. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research). Selain mengungkap wajah penafsiran, penelitian ini juga berusaha beranjak lebih jauh menggunakan pisau analisis hermeneutis yang berguna dalam mengungkap latar belakang serta faktor-faktor yang memengaruhi Wahbah Az-Zuhaili> memiliki penafsiran demikian. Berdasarkan kajian serta analisis yang dilakukan, penelitian ini membuahkan beberapa kesimpulan. Di antaranya, Wahbah Az-Zuhaili> memiliki penafsiran dan pemaknaan terhadap ummatan wasaṭan yang terdapat dalam Q.S. Al-Baqarah [2]: 143 sebagai golongan yang terbaik dan adil. Wahbah juga menyimpulkan bahwa di antara representasi konkret yang paling utama dari ke-wasat{iyyah-an itu adalah bagaimana saat kelak di hari kiamat umat Islam menjadi saksi terhadap umat-umat terdahulu. Dan ditegaskan kembali oleh Wahbah, bahwa persaksian atas umat-umat terdahulu menjadi pertimbangan dan musabab wasat{iyyah Islam. Penafsiran yang disajikan Wahbah dalam kitab tafsir Al-Munir tersebut didominasi oleh dua aspek besar, yakni aspek kebahasaan dan aspek fiqih. Kenyataan tersebut dilatarbelakangi oleh faktor pendidikan serta lingkungan di mana Wahbah hidup, terutama dalam budaya dan kultur penempaan pendidikan keagamaan oleh keluarga berbagai elemen dalam hidup Wahbah yang religius-tradisionalistik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Mahbub Ghozali
Uncontrolled Keywords: universalitas; moderasi beragama; Ummatan Wasathan; Wahbah Az-Zuhaili
Subjects: Moderasi Beragama
Ilmu Alqur’an dan Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Alqur’an dan Tafsir (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 01 Mar 2023 11:39
Last Modified: 01 Mar 2023 11:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56765

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum