ANALISIS HUBUNGAN KEKERABATAN FENETIK GENUS Curcuma BERDASARKAN KARAKTER MORFOLOGIS DAN ANATOMIS DI KAWASAN WISATA CANDI BOROBUDUR

Amalia Nur Hardiawati, NIM.: 18106040045 (2023) ANALISIS HUBUNGAN KEKERABATAN FENETIK GENUS Curcuma BERDASARKAN KARAKTER MORFOLOGIS DAN ANATOMIS DI KAWASAN WISATA CANDI BOROBUDUR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS HUBUNGAN KEKERABATAN FENETIK GENUS Curcuma BERDASARKAN KARAKTER MORFOLOGIS DAN ANATOMIS DI KAWASAN WISATA CANDI BOROBUDUR)
18106040045_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS HUBUNGAN KEKERABATAN FENETIK GENUS Curcuma BERDASARKAN KARAKTER MORFOLOGIS DAN ANATOMIS DI KAWASAN WISATA CANDI BOROBUDUR)
18106040045_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Keaneragaman tumbuhan genus Curcuma telah diteliti dengan tujuan untuk megetahui tingkat variasi keragaman genus Curcuma dan hubungan kekerabatannya ditinjau dari aspek morfologis dan anatomisnya. Hasil penelitian diperoleh sebanyak 5 aksesi genus Curcuma, yaitu A1 (Curcuma xhantorrizha), A2 (Curcuma domestica),A3 (Curcuma heyneana), A4 (Curcuma aeruginosa) dan A5 (Curcuma zedoaria). yang diambil mewakili setiap aksesi di Kawasan Wisata Candi Borobudur. Penelitian dilakukan pada bulan Oktober sampai dengan Desember 2022. Pengamatan morfologis dan anatomis genus Curcuma dilakukan berdasarkan pada 62 karakter berupa karakter kuantitatif dan kualitatif. Selanjutnya data dianalisis menggunakan MVSP dengan metode UPGMA untuk mengetahui tingkat kemiripan antar spesies dan perhitungan indeks similaritasnya menggunakan GGSC. Hasil penelitian menunjukkan karakter morfologis dan rimpang merupakan karakter yang berperaan dalam pembagian dua klaster dendogram yang terbentuk. Dari hasil kedekatan fenetik diperoleh spesies Curcuma heyneana dan Curcuma aeruginosa berada pada klaster yang sama dengan nilai koefisien 0,758. Sedangkan spesies Curcuma domestica berada pada klaster yang berbeda dengan koefisien 0,646.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Ika Nugraheni Ari Martiwi, S. Si., M.Si. dan Ibu Shilfiana Rahayu, M. Sc
Uncontrolled Keywords: Anatomi, Analisis Fenetik, Borobudur, Curcuma Sp.,Morfologi
Subjects: Biologi
Tanaman
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 01 Mar 2023 14:31
Last Modified: 01 Mar 2023 14:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56778

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum