MOTIVASI MENIKAH DI KALANGAN MAHASISWA (STUDI TERHADAP MAHASISWA S1 YOGYAKARTA YANG MENIKAH PADA MASA STUDI)

Nuruddin Zuhri Nugraha, NIM.: 16350080 (2023) MOTIVASI MENIKAH DI KALANGAN MAHASISWA (STUDI TERHADAP MAHASISWA S1 YOGYAKARTA YANG MENIKAH PADA MASA STUDI). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MOTIVASI MENIKAH DI KALANGAN MAHASISWA (STUDI TERHADAP MAHASISWA S1 YOGYAKARTA YANG MENIKAH PADA MASA STUDI))
16350080_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (MOTIVASI MENIKAH DI KALANGAN MAHASISWA (STUDI TERHADAP MAHASISWA S1 YOGYAKARTA YANG MENIKAH PADA MASA STUDI))
16350080_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Menikah merupakan hal yang menarik untuk dikaji, karena tentu semua orang mempunyai keinginan untuk menikah. Mempunyai keluarga, hidup damai, hidup berkecukupan, dan hidup bahagia. Namun yang namanya membangun keluarga tidaklah mudah, karena tentu butuh persiapan, harus mempunyai modal, baik itu dalam hal ilmu, mental, ekonomi dll. Dalam kenyataannya ada sebagian orang yang berani memutuskan untuk menikah sedangkan ia masih berusia muda, bahkan masih seorang pelajar. Hal ini menjadi tanda tanya besar bagi penulis. Pertama, orang yang berusia muda pada umumnya masih labil dalam menghadapi masalah, biasanya lebih mengedepankan ego, dan disisi lain usia muda itu pada umumnya orang menginginkan kebebasan dalam hal bermain, hoby, atau pun yang lainnya. Kedua, yang namanya mahasiswa itu tentu sibuk dengan tugas-tugas kuliah, organisai, dan kegiatan-kegiatan kampus yang sudah pasti itu menyita waktu. Maka dari itu penulis bertanya-tanya sebenarnya apa motivasi, apa yang membuat mahasiswa itu berani memutuskan untuk menikah. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Sedangkan sifat penelitian ini adalah deskriptif-kualitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan normatif. Adapun tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum fenomena nikah muda di kalangan mahasiswa terjadi karena faktor usia dan latar belakang agama yang kuat. Berawal dari usia yang masuk pada usia produktif, kemudian latar belakang agama yang kuat, kemudian adanya ketertarikan terhadap lawan jenis, maka kemudian menikah menjadi pilihan yang tepat. Karena mereka sudah faham hukum-hukum atau batasan-batasan larangan yang sudah Allah tetapkan, jadi untuk menjaga diri dari melakukan kemaksiatan maka mereka memutuskan untuk menikah. Alasan atau motivasi mahasiswa Yogyakarta menikah pada masa studi ada dua faktor, yaitu faktor intrinsik dan faktor ekstrinsik. Adapun yang termasuk faktor intrinsik yaitu: untuk melaksanakan perintah agama, agar lebih mudah taat beragama, agar pekerjaan sehari-hari bernilai ibadah, merasa cukup mampu untuk membangun rumah tangga, agar lebih bisa menjaga kehormatan, dan agar lebih ringan menjalani kehidupan. Sedangkan yang termasuk faktor ekstrinsik yaitu: adanya teman atau lingkungan yang lebih dahulu menikah muda, adanya restu dari orang tua untuk menikah. Motivasi menikah muda mahasiswa Yogyakarta tidak bertentangan atau melanggar hukum Islam maupun hukum Perundang-Undangan yang ada di Indonesia. Kemudian apabila ditinjau dengan maqasid syari‟ah, motivasi nikah muda mahasiswa Yogyakarta justru sudah sejalan dengan konsep tersebut, yaitu: menjaga agama, menjaga jiwa, menjaga harta, dan menjaga keturunan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Mansur, S. Ag., M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Menikah Muda, Pernikahan, Motivasi Menikah, Mahasiswa
Subjects: Hukum Islam > Fiqih > Pernikahan
Remaja > Remaja Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Islam (S-1) > Hukum Keluarga
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 01 Mar 2023 14:56
Last Modified: 01 Mar 2023 14:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56787

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum