TELAAH SYARAH BULUGH AL-MARAM KARYA IBNU HAJAR AL-‘ASQALANI (STUDI KOMPARATIF KITAB MINHAT AL-‘ALLAM KARYA ABDULLAH IBNU SALIH AL-FAUZAN DAN MISBAH AL- ZALAM KARYA MUHAJIRIN AMSAR AL-DARI)

Mohamad Toha Maulana, NIM.: 18105050059 (2022) TELAAH SYARAH BULUGH AL-MARAM KARYA IBNU HAJAR AL-‘ASQALANI (STUDI KOMPARATIF KITAB MINHAT AL-‘ALLAM KARYA ABDULLAH IBNU SALIH AL-FAUZAN DAN MISBAH AL- ZALAM KARYA MUHAJIRIN AMSAR AL-DARI). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TELAAH SYARAH BULUGH AL-MARAM KARYA IBNU HAJAR AL-‘ASQALANI (STUDI KOMPARATIF KITAB MINHAT AL-‘ALLAM KARYA ABDULLAH IBNU SALIH AL-FAUZAN DAN MISBAH AL- ZALAM KARYA MUHAJIRIN AMSAR AL-DARI))
18105050059_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (TELAAH SYARAH BULUGH AL-MARAM KARYA IBNU HAJAR AL-‘ASQALANI (STUDI KOMPARATIF KITAB MINHAT AL-‘ALLAM KARYA ABDULLAH IBNU SALIH AL-FAUZAN DAN MISBAH AL- ZALAM KARYA MUHAJIRIN AMSAR AL-DARI))
18105050059_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Bulugh al-Maram adalah salah satu kitab Hadis Ahkam terpopuler yang telah disyarah puluhan ulama hingga era kontemporer. Menariknya walaupun kitab ini karya Imam Ibn Hajar yang bermadzhab Syafi’i, ia juga di syarah oleh ulama bermadzhab Hambali Abdullah bin S}alih al-Fauzan di era kontemporer. Dengan demikian, antar kitab syarah ada corak madzhab yang kontras. Di antara kitab syarah Bulugh al-Maram era kontemporer yang memiliki kecenderungan madzhab cukup kontras adalah Minhat al-‘Allam karya Abdullah bin Salih al-Fauzan bermadzhab Hambali dan kitab Misbah al-Zalam karya KH. Muhajirn Amsar Al-Dari yang bermadzhab Syafi’i. penelitian atas dua karya syarah ini urgen untuk memetakan dinamika pemahaman hadis yang terdapat dalam kitab Bulugh al-Maram, sehingga diperoleh persamaan dan perbedaan metode dan konten syarah hadisnya. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat kualitatif, yang datanya bersumber dari pustaka dan menggunakan analisis isi dan komparasi. Penelitian ini terfokus kepada 1) bagaimana metode pensyarahan antara kitab Minhat al-‘Allām dan Misbāh al-Zalam 2) apa perbedaan dan persamaan antara kitab Minhat al-‘Allām dan Misbah al-Zalam. Hasil dari penelitian ini adalah, terdapat perbedaan diantara kedua kitab Minhat al-‘Allām dan Misbah al-Zalam, perbedaanya terletak pada segi metode yang digunakan. Minhat al-‘Allām menggunakan metode tahlili secara dominan dan menyebutkan asbabul wurud sedangkan Misbah al-Zalam menggunakan metode muqarin dengan dominan dan tidak menyebutkan asbabul wurud. Pensyarahan dari kedua kitab berbeda, Minhat al-‘Allām membaginya ke dalam beberapa poin sehingga pensyarahannya terlihat rapih dan sistematis walaupun disetiap syarah jumlah poinnya bervariasi dan di awal syarah menggunakan redaksi al-kalām ‘alaih min wujūh. Muhajirin mensyarah langsung hadisnya dan tidak membaginya kedalam bentuk poin dan di awal syarah ditulis huruf sy " "ش . Beberapa persamaanya adalah, didominasi corak linguistik dan fiqh, menjelaskan judul kitab dan bab secara bahasa dan istilah, menjelaskan keterkaitan hadis yang disyarah dengan al-quran, menjelaskan hadis secara per kata dan per kalimat, penjelasan matan hadis menggunakan redaksi قوله .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Achmad Dahlan, Lc., M.A
Uncontrolled Keywords: Syarah; Komparasi; Minhat al-‘Allam; Misbāh al-Zalām
Subjects: Ilmu Hadits
Hadis
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Hadis (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 01 Mar 2023 15:25
Last Modified: 01 Mar 2023 15:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56795

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum