ABIDATUN NAFISAH - NIM. 05710023, (2011) PERBEDAAN ASERTIVITAS ANTARA SANTRI YANG MENEMPUH PENDIDIKAN FORMAL DENGAN SANTRI YANG TIDAK MENEMPUH PENDIDIKAN FORMAL. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
|
Text (PERBEDAAN ASERTIVITAS ANTARA SANTRI YANG MENEMPUH PENDIDIKAN FORMAL DENGAN SANTRI YANG TIDAK MENEMPUH PENDIDIKAN FORMAL )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (485kB) | Preview |
|
![]() |
Text (PERBEDAAN ASERTIVITAS ANTARA SANTRI YANG MENEMPUH PENDIDIKAN FORMAL DENGAN SANTRI YANG TIDAK MENEMPUH PENDIDIKAN FORMAL )
BAB II, III, IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (231kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan asertivitas antara santri yang menempuh pendidikan formal dengan santri yang tidak menempuh pendidikan formal. Hipotesis yang diajukan adalah ada perbedaan asertivitas antara santri yang menempuh pendidikan formal dengan santri yang tidak menempuh pendidikan formal. Asertivitas santri yang menempuh pendidikan formal lebih tinggi dibanding asertivitas santri yang tidak menempuh pendidikan formal. Populasi penelitian ini adalah santri pondok pesantren as Salafiyyah Mlangi, Nogotirto, Gamping, Sleman. Sample penelitiannya adalah santri yang menempuh pendidikan formal dan santri yang tidak menempuh pendidikan formal atau hanya belajar di pesantren saja. Jumlah sample yang diambil adalah 25 santriyang menempuh pendidikan formal dan 25 santri yang tidak menempuh pendidikan formal dengan usia antara 15 sampai 21 tahun. Analisis yang digunakan untuk mengetahui perbedaan ini menggunakan teknik uji beda (t-test). Hasil penelitian menunjukkan: ada perbedaan asertivitas antara santri yang menempuh pendidikan formal dengan santri yang tidak menempuh pendidikan formal, santri yang menempuh pendidikan formal lebih tinggi dari pada santri yang tidak menempuh pendidikan formal. Santri yang menempuh pendidikan formal memiliki mean sebesar 84,5600, sedangkan santri yang tidak menempuh pendidikan formal memiliki rerata sebesar 76,7200. taraf signifikansinya sebesar 0.002 (p 0.01) yang berarti sangat signifikan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information / Supervisor: | Pembimbing: Rachmy Diana, S. Psi, M.A, |
Uncontrolled Keywords: | asertivitas, pendidikan, santri |
Subjects: | Psikologi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Psikologi (S1) |
Depositing User: | Edi Prasetya [edi_hoki] |
Date Deposited: | 04 Jan 2013 22:12 |
Last Modified: | 07 Dec 2015 11:09 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5687 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |